Meningkatkan Jiwa Kritis Siswa melalui Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Debat Bahasa Inggris Antarkelas

Meningkatkan Jiwa Kritis Siswa melalui Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Debat Bahasa Inggris Antarkelas

Tugas maha besar generasi kita adalah mewariskan toleransi, bukan kekerasan (Ridwan Kamil). Dengan berbagai masalah yang terjadi di negara kita, menuntut generasi muda berpikir jernih. Melalui lomba debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, siswa terlatih untuk bersikap kritis, memantapkan pemahaman konsep sehingga memunculkan kerangka berpikir yang terstruktur, meningkatkan kemampuan merespon suatu masalah (rebuttal) sehingga berani mengemukakan pendapat dan mampu memecahkan masalah. Untuk itulah SMA Negeri 1 Sumbawa Besar mengadakan lomba debat antarkelas yang merupakan kegiatan tahunan sebagai peningkatan kegiatan literasi siswa.


Lomba yang berlangsung pada tanggal 23 November 2019 ini diikuti oleh siswa kelas X dan kelas XI. Setiap kelas mengirimkan perwakilan 1 tim yang beranggotakan 3 orang. Dari babak penyisihan dan semifinal, dipilih 6 orang untuk menuju ke babak final.


Dari babak final Lomba Debat Bahasa Indonesia terpilih tiga pembicara terbaik yaitu Nelly Liswana Kelas XI MIA 3 (Juara I), Kanaya Putri Hardanti Kelas X MIA 2 (Juara II), dan Talbiyah Sabdah Rizan Taupik Kelas XI MIA 3 (Juara III). Sedangkan pembicara terbaik dari Lomba Debat Bahasa Inggris yaitu Faiz Unisa Jazadi Kelas XI MIA 3 (Juara I), Lazuardi Choiri Imani Kelas XI MIA 3 (Juara II), Saranietha Kadang Kelas XI MIA 3 (Juara III).


Selamat kepada para pemenang, semoga siswa-siswi SMANIKA mampu menjadi pribadi yang berpikir kritis!

sumber : Panitia Lomba Debat SMANIKA