SMANIKA Meriahkan HUT PGRI Ke 74 dan Hari Guru Nasional 2019 dengan Berbagai Rangkaian Acara Menarik

SMANIKA Meriahkan HUT PGRI Ke 74 dan Hari Guru Nasional 2019 dengan Berbagai Rangkaian Acara Menarik

Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994, menetapkan 25 November sebagai HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sekaligus Hari Guru Nasional 2019.


Pemerintah mengimbau dalam memperingati hari profesi keguruan ini, untuk menyelenggarakan kegiatan untuk mengapresiasi guru.


Sehubungan dengan imbauan tersebut, SMA Negeri 1 Sumbawa Besar membuat rangkaian acara untuk memeriahkan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional 2019. Adapun rangkaian acara tersebut yaitu lomba futsal antarkelas yang berlangsung dari tanggal 24 Oktober hingga 22 November, hari bebas kendaraan bermotor atau car free day pada tanggal 23 November, jalan sehat pada tanggal 24 November, dan pada puncak acara tepatnya 25 November diisi dengan upacara bendera dan lomba bazar antarkelas.


Tak hanya sekedar memeriahkan hari guru, setiap kegiatan ternyata memiliki tujuan masing-masing. Lomba futsal sendiri bertujuan untuk membangun jiwa sportivitas siswa dan kekerabatan antarkelas. Car free day bertujuan untuk menurunkan ketergantungan warga SMANIKA terhadap kendaraan bermotor dan mengurangi polusi udara. Untuk kegiatan jalan sehat, dikolaborasikan dengan kegiatan memungut sampah di sepanjang jalan yang dilalui warga SMANIKA dalam rangka menumbuhkan karakter peduli terhadap lingkungan. Sedangkan lomba bazar bertujuan untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan sejak dini.


Yang menarik pada puncak perayaan hari guru tahun ini adalah setelah upacara bendera usai, siswa-siswi berprestasi dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional, hingga internasional masuk ke lapangan menuju barisan bapak ibu guru untuk memberikan ucapan terima kasih dan cinderamata yang telah disiapkan oleh masing-masing kelas. Rasa haru semakin terasa, ketika bersama siswa-siswi Gita Bahana SMANIKA mereka memberikan persembahan sebuah lagu bertemakan perjuangan guru. 


Selamat hari guru, semoga guru Indonesia tetap semangat melahirkan generasi yang jenius dan berakhlak mulia. (Pembina Mading dan Buletin)

sumber : OSIS SMANIKA