SISWA SMAN 1 SUMBAWA BERHASIL MERAIH JUARA 2 FESTIVAL LITERASI SEKOLAH 2019

SISWA SMAN 1 SUMBAWA BERHASIL MERAIH JUARA 2 FESTIVAL LITERASI SEKOLAH 2019

           Siswa SMA Negeri 1 Sumbawa kembali meraih kemenangan di tingkat nasional. Dalam ajang Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 yang diadakan Direktorat PSMA Kemdikbud ini, Lazuardi Choiri Imani (XI.MIA-3) berhasil meraih juara 2 nasional dalam mata lomba Cipta Cerpen. Lomba yang diselenggarakan pada 24-29 Juli ini berpusat di Padjajaran Suite & Convention Hotel, Bogor dan diikuti oleh 100 peserta dari 34 provinsi, yang terbagi dalam empat mata lomba, yakni Cipta Cerpen, Cipta Komik Digital, Cipta Syair, dan Cipta Meme.

            Sebelum lolos ke tingkat nasional, Lazuardi terlebih dahulu mengikuti proses seleksi pada bulan Juni dengan mengirimkan karya melalui portal online. Cerpennya yang berjudul “Angsa-Angsa Biru Muda” berhasil meloloskan dirinya beserta 24 peserta lainnya di bidang cerpen. Ia mengaku bahwa sangat gembira dan tidak menyangka dirinya akan lolos ke tingkat nasional.

            Banyak rangkaian acara yang diikuti oleh Lazuardi selama di Bogor. Mulai dari kegiatan Belajar Bersama Alam di Kebun Raya Bogor, mengikuti pembukaan FLS di kantor Kemdikbud, talkshow inspiratif, gameshow, serta proses lomba dan validasi karya. Di dalam rangkaian acara talkshow, didatangkan narasumber yang bergerak di bidang literasi, termasuk Najwa Shihab yang menjadi Duta Literasi. Dalam seminar tersebut, Lazuardi berkesempatan untuk bertanya pada wanita yang menjadi pembawa acara Mata Najwa tersebut. Di perlombaan final sendiri, ia menulis cerpen tentang eksploitasi telur penyu dan karyanya tersebut berhasil membawa dirinya menjadi juara 2 di saat malam pengumuman juara FLS pada 29 Juli.

            Menurutnya, pengalaman ini adalah suatu hal yang jarang bisa didapatkan, untuk mengenal anak-anak dari wilayah Indonesia lainnya, berbincang dengan para ahli di bidang literasi, juga berhasil menjadi juara yang membanggakan nama sekolah. Ke depannya, ia berharap siswa SMANIKA lainnya mampu mengikuti perlombaan yang sama dan mencapai hasil yang lebih. “Terus semangat dan jangan pernah berhenti berjuang, karena kamu adalah pencipta keberhasilanmu sendiri,” pesannya.

sumber : Peserta Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019