Peletakan Batu Pertama Auditorium SMA Negeri 1 Sumbawa Besar oleh Gubernur NTB

Peletakan Batu Pertama Auditorium SMA Negeri 1 Sumbawa Besar oleh Gubernur NTB
Tidak lama lagi, SMA Negeri 1 Sumbawa Besar memiliki auditorium. Hal ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc, Kamis (8/8) sore. Hadir dalam kesempatan itu Bupati Sumbawa yang diwakili Plt Sekda Sumbawa, Dr. HM Ikhsan M.Pd, para alumni yang sebagiannya Bakal Calon Bupati Sumbawa di antaranya Ir. H. Syarafuddin Jarot MP, Ir. Talifuddin M.Si, Syukri Rahmat S.Ag dan Miftahul Arzak S.IKom., MA, serta kepala sekolah, mantan kepala sekolah dan guru di SMAN 1 Sumbawa. “Saya namakan Auditorium ini Marwan Muslimin,” kata Doktor Zul—akrab Gubernur disapa.

Diabadikannya nama Marwan Muslimin pada auditorium ini, menurut Gubernur, karena sosok tersebut merupakan kepala sekolah yang memiliki dedikasi dan pengabdian yang cukup lama untuk SMA 1 Negeri Sumbawa. Dengan nama tersebut diharapkan dapat menyatukan alumni-alumni yang berserakan. “Sosok Bapak Marwan Muslimin adalah sosok kepala sekolah yang kita idam-idamkan. Tidak banyak bicara, tidak banyak mengumbar janji tapi beliau menjadi sosok yang sangat digugu dan ditiru bukan hanya oleh murid-muridnya tapi juga guru-guru. Saya kira Beliau pemimpin informal yang juga mampu menyelesaikan masalah orang tua murid-muridnya dengan tutur katanya yang tak kalah dihormati dibanding bupati sekalipun. Kita ingin sosok beliau menjadi inspirasi kita,” ungkap orang nomor satu di NTB ini, seraya menyatakan bahwa Auditorium Marwan Muslimin mengingatkan semua pihak sudah saatnya Sumbawa dan NTB mengharapkan guru dan kepala sekolah seperti sosok Marwan Muslimin.

Sebelumnya PLT Kepala SMA Negeri 1 Sumbawa, Masuji Mando mengatakan pencetus pembangunan auditorium ini adalah Fahrizal S.Pd mantan kepala SMA Negeri 1 Sumbawa yang kemudian diteruskan oleh para kepala sekolah berikutnya. Hingga akhirnya pembangunan auditorium ini terwujud berkat dukungan para alumni termasuk Dr Zulkieflimansyah yang kini menjabat sebagai Gubernur NTB. Karena itu Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Gubernur NTB untuk memberi nama Auditorium yang akan dibangun ini.

Di bagian lain Masuji mengakui bahwa SMA Negeri 1 Sumbawa banyak melahirkan alumni-alumni hebat dan sebagian besar menjadi orang-orang yang sukses. Ia berharap ini menjadi inspirasi generasi berikutnya untuk lebih baik lagi. Hal ini sudah terlihat dari sederet prestasi yang diraih SMA Negeri 1 Sumbawa baik di tingkat nasional maupun internasional, termasuk perstasi terbaru Juara 2 Nasional Literasi untuk Kategori Menulis Cerpen dan Juara 3 Nasional Lomba Lawatan Sejarah. “Semoga prestasi-prestasi yang diraih ini menjadi pemacu bagi para penerusnya. Dan semoga pembangunan Auditorium ini memberikan manfaat bagi generasi mendatang,” pungkasnya.


sumber : Samawa Rea