Ainun Asmawati, M.Pd Guru SMA Negeri 1 Sumbawa Menangkan Inobel 2019

Ainun Asmawati, M.Pd Guru SMA Negeri 1 Sumbawa Menangkan Inobel 2019

Ainun berhasil menyingkirkan 49 orang finalis lainnya yang berasal dari seluruh Indonesia.

Ainun yang merupakan  guru biologi menceritakan awal perjuangannya meraih prestasi tersebut. Kata Tri dirinya merupakan salah satu peserta pada kategori madya atau level menengah dari 97 orang peserta se Indonesia. Bahkan menurutnya sejumlah peserta yang ikut pada tahun 2018 ini juga pernah menjadi finalis pada tahun-tahun sebelumnya.

Sedangkan juara III diraih Lucia Yuyun Dian, M.Pd guru asal SMAN 5 Semarang. Sedangkan untuk kategori utama SMA, juara I diraih Arief Darmadyansah dari salah satu SMA di Alor. Juara II diraih Mujahidin, guru salah satu SMA di Makassar dan juara III diraih Rustiani dari salah satu SMA di Ponorogo.

Untuk kategori Madya SMK juara I diraih Indra Prastowo dari salah SMK di Pacitan. Juara II Berti Sagendradari salah satu SMK di Semarang dan juara III diraih Farid Mawardi guru salah satu SMK di Makassar. Sedangkan untuk kategoti utama SMK juara I diraih I Kadek Sembah dari salah satu SMK di Bali. Juara II Ani Ismayani dan juara III diraih Hardo S, guru salah satu SMK di Semarang.

Lomba tersebut diselenggarakan oleh Kemendikbud RI di Hotel Kaisar, Jakarta, 1-4 November lalu. Pesertanya adalah guru PNS maupun non PNS dari berbagai SMA/SMK di Indonesia.

 Perjuangan Ainun tentu saja tidak mudah setelah mencoba 3 tahun di ajang yang sama dan tidak mau putus asa merasa bangga atas prestasinya itu. Karena itu, tak salah jika ia menyampaikan apresiasi kepada kepalasekolah, keluarga maupun rekan gurunya di SMAN 1 Sumbawa. Tanpa dukungan mereka, prestasi juara ini akan sulit diraih.Ainun juga mengungkapkan, bahwa menjadi juara di event nasional bukanlah hal yang mustahil. Ditambahkan bahwa dirinya tidak lagi bias mengikuti event yang sama di tahun mendatang. Karena menjadi inspirasi bagi guru-guru lainnya adalah tugas berikutnya.

sumber : SMAN 1 SUmbawa Besar