Siswa SMAN 1 Sumbawa Juara 1 di Ajang Penelitian se-Asia Tenggara

Siswa SMAN 1 Sumbawa Juara 1  di Ajang Penelitian se-Asia Tenggara

Prestasi siswa NTB diwakili oleh 3 siswa SMAN 1 Sumbawa Besar  sangat membanggakan. Karena telah mewakili Indonesia pada ajang Lomba Penelitian South Easth Asia Matematic Education Organitation (SEAMEO), di Jakarta. Lomba tersebut diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, bekerja dengan Lembaga Pendidikan Asia Tenggara. Tim NTB ini telah mengharumkan nama  Indonesia karena berhasil menjadi pemenang pertama setelah mengalahkan Malaysia dan Philipina , dua negara lainnya.

Ketiga  siswa tersebut adalah Syarifah Fatimah, Nissatuljannah SB, Nadia Safira, dan Lauhul Afiat Kahfi Mereka itu telah berhasil dalam pembuatan proposal penelitian yang mengarahkan generasi muda untuk memiliki pola sarapan sehat. Mereka telah mempresentasikan hasil penelitiannnya bersama ratusan siswa dari berbagai negara di Asia Tenggara, seperti Thailand, Singapura dan Malaysia.

Keberangkatan mereka saat akan berlomba di Jakarta telah diterima atau di lepas terlebih dahulu oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, di Pendopo Gubernur, Minggu (14/10/2018), untuk memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat NTB. Agar seluruh tahapan lomba dapat dilewati dengan baik dan meraih hasil maksimal. Dktor Zul, sapaan akrab Gubernur NTB itu, berpesan kepada keempat siswa tersebut untuk mengikuti lomba itu dengan penuh keikhlasan dan kebanggaan. "Jangan ikut lomba karena dipaksa," ungkap Gubernur didampingi istri, Hj. Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah SE., M.Sc.

Gubernur berharap seluruh sekolah yang ada di NTB ini dapat berpacu, meningkatkan prestasi. Sehingga siswa NTB yang memiliki kemampuan dan prestasi hebat dapat diikutkan di berbagai lomba di tingkat dunia."Kepala sekolah harus mampu menemukan bibit-bibit berprestasi di NTB ini," ungkap Gubernur di hadapan kepala sekolah dan pembina siswa tersebut.Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Muhammad Yahya mengaku bangga dengan prestasi siswa NTB tersebut.

"Sesuai dengan program pak Gubernur, tentang pengiriman pemuda NTB ke luar negeri, ini adalah salah satu cara untuk mempersiapkan mental mereka di tinggal internasional," jelasnya saat mendampingi siswa tersebut.Selain itu, lomba seperti itu menurutnya akan memberikan manfaat besar bagi siswa di NTB. Seperti memiliki pengalaman lebih untuk kompetisi dan dapat bertukar pengalaman dan pengetahuan dengan siswa dari berbagai negara. "Ke depan kita akan terus memberikan pembinaan-pembinaan bagi sekolah dan siswa berprestasi," ungkapnya, seraya berharap seluruh sekolah di NTB dapat terus memacu diri untuk berprestasi.

sumber : SMA Negeri 1 Sumbaw Besar
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com