Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran untuk Tenaga Pendidik Agama dan Pendakwah

Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran untuk Tenaga Pendidik Agama dan Pendakwah

Kemendikbud: Di era globalisasi kebutuhan untuk menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terus meningkat, tidak terkecuali untuk pendidikan karakter dan agama. Dengan kesadaran akan kebutuhan hal tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) bekerja sama dengan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud untuk memberikan pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia dan website untuk tenaga pendidik agama Islam dan pendakwah.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 15 sampai 17 Maret 2017 di Auditorium Pustekkom ini diikuti oleh 33 peserta yang terdiri dari guru agama Islam dan ulama. Pelatihan ini sebagai salah satu perwujudan dari kerja sama MUI dan Pustekkom yang telah disepakati bersama pada tanggal 20 September 2016 terkait Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Peningkatan Pendidikan Beragama.

Kepala Bagian Tata Usaha Pustekkom, Drs. Kusdianto Hilman M.Si juga menyampaikan harapannya agar media yang dimiliki oleh Pustekkom dapat dimanfaatkan peserta dalam mengembangkan kualitas pendidikan.

“Pustekkom memiliki tiga bidang: Bidang Radio, Televisi, dan Film, Bidang Pengembangan Jejaring, dan Bidang Multimedia dan Website. Silahkan memanfaatkan fasilitas yang ada di Pustekkom untuk mengembangkan pendidikan di sekolah Bapak dan Ibu.” ungkapnya saat membuka acara secara resmi pada Rabu (15/3).

Ketua Komisi Pendidikan & Kaderisasi MUI, Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim bersyukur atas terselenggaranya pelatihan ini, Sudarnoto berharap ke depannya akan ada pelatihan lagi mengenai pemanfaatan TV Edukasi. “Ada titik temu antara Pustekkom dengan MUI. Dua-duanya mempunyai komitmen untuk merawat bangsa dengan caranya masing-masing, sehingga akhirnya kami menjalin kerjasama,” pungkasnya saat memberikan sambutan.

Selama tiga hari, peserta akan mendapatkan materi pemanfaatan Rumah Belajar, membuat RPP yang terintegrasi dengan teknologi, dan bahan belajar yang dapat dimanfaatkan di kelas. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan materi pengembangan kepribadian dan ke-Islaman dari pengurus MUI.

Ketua panitia dari Pustekkom, Irfana Steviano M.Ed berharap pelatihan ini dapat menghasilkan konten yang diunggah ke Portal Rumah Belajar, sehingga dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa secara luas. Hal ini akan memperkaya konten Pendidikan Agama Islam di  yang selama ini masih minim.

Pelatihan ini merupakan salah satu dari 12 rangkaian pelatihan yang menjadi program kerja Pustekkom dalam memberikan pelatihan pengembangan media pembelajaran. Pelatihan ini sendiri merupakan pelatihan kedua. Selanjutnya akan ada pelatihan lainnya, seperti pembuatan konten, coding, dan media pembelajaran dengan peserta dari berbagai kalangan masyarakat.

sumber : kemdikbud.go.id