SMA Negeri 1 Sumbawa Besar sebagai Sekolah dengan Peserta Terbanyak dalam Giat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Tahun 2024 se-Kabupaten Sumbawa

SMA Negeri 1 Sumbawa Besar sebagai Sekolah dengan Peserta Terbanyak dalam Giat Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Tahun 2024 se-Kabupaten Sumbawa

Adanya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70 Tahun 2016 tentang Standar Kemahiran Berbahasa Indonesia, melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, SMA Negeri 1 Sumbawa Besar mengadakan kegiatan tes UKBI Adaptif bagi seluruh siswa-siswinya, di bawah binaan dan bantuan Kantor Bahasa Provinsi Nusa Tenggara Barat.

UKBI adalah sarana uji untuk mengukur kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia. Sebagai bangsa yang memiliki bahasa modern yang multifungsi dan memiliki jumlah penutur yang besar, bangsa Indonesia memang harus memiliki sarana evaluasi mutu penggunaan Bahasa Indonesia. Tanpa menafikan peran wahana lain, UKBI memiliki fungsi yang amat strategis, tidak hanya untuk meningkatkan kualitas bahasa Indonesia serta penggunaan dan pengajarannya di dalam dan luar negeri, tetapi juga untuk memupuk sikap positif dan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap bahasanya.

Tes yang diadakan pada 22-24 April 2024 ini terdiri atas tiga seksi, yaitu Seksi I (Mendengarkan), Seksi II (Merespons Kaidah), dan Seksi III (Membaca) dalam bentuk soal pilihan ganda. Hasil UKBI peserta uji dipetakan ke dalam tujuh peringkat, predikat, dan rentang skor. Ketujuh predikat dapat diserangkaikan dalam satu ungkapan Isu Unggul Managitas (Istimewa, Sangat Unggul, Unggul, Madya, Semenjana, Marginal, dan Terbatas).

Dalam kegiatan ini, sebanyak 6 siswa SMA Negeri 1 Sumbawa Besar mendapatkan predikat Sangat Unggul, dengan peringkat tertinggi atas nama Muhammad Affan Hanafi dari Kelas XI Merdeka 8 dengan perolehan skor 683, diikuti perolehan skor 682 dengan predikat yang sama atas nama Atina Saskiatunnisa dari kelas X Merdeka 11, Muhammad Fauzan Akbar Kelas X Merdeka 3 dengan skor 679, Sherlen Michelle Lee Kelas XI Merdeka 9 dengan skor 672, Alkhansa Gassani Kelas XI Merdeka 9 dengan skor 667, dan Adelia Murdani Kelas XI Merdeka 8 dengan skor 662. Secara akademis, keenam siswa ini memiliki kemampuan berbahasa setara pascasarjana-doktor sesuai dengan kriteria yang diberikan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, di mana peserta uji memiliki kemahiran yang sangat tinggi dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Dengan kemahiran ini yang bersangkutan tidak memiliki kendala dalam berkomunikasi untuk keperluan sintas, sosial, dan keprofesian.

Selamat kepada siswa yang mendapat hasil membanggakan. Mari mahir berbahasa Indonesia, bangga berbahasa Indonesia. (Wahyuni Darmayanti)

sumber : Humas SMAN 1 Sumbawa Besar
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com