Tim SMAN 1 Sumbawa Besar Raih 4 Medali dalam Ajang NASPO dan I2ASPO 2024

Tim SMAN 1 Sumbawa Besar Raih 4 Medali dalam Ajang NASPO dan I2ASPO 2024

SMAN 1 Sumbawa Besar berhasil meraih 4 Medali dalam ajang National Applied Science Project Olympiad (NASPO) dan Indonesian International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) Tahun 2024. Dari hasil pengumuman pada 13 Januari 2024 lalu, SMAN 1 Sumbawa Besar sukses mendapat 1 Medali Emas dan 2 Medali Perak pada ajang NASPO dan 1 Medali Perak pada ajang I2ASPO.

Lomba yang diinisiasi oleh Indonesian Young Scientist Assosiation (IYSA) ini merupakan apresiasi kepada peneliti muda karena mampu memajukan perkembangan teknologi dan pengetahuan yang ada saat ini. Melihat potensi tersebut, para peneliti muda ini harus memiliki sebuah wadah dimana mereka bisa saling bertemu dengan peneliti muda lainnya, bertukar pikiran, mendengarkan pengalaman dan berusaha bersama untuk memecahkan masalah yang mungkin dihadapi di kemudian hari.

Dari tim yang melaju ke Tingkat internasional dan meraih Medali Perak, tim Karya Ilmiah Remaja (KIR) Garuda SMAN 1 Sumbawa Besar yang beranggotakan M. Reyhan Zevano, Valentino Antonius Tangguh Handoko, Khayyarah Alimah M.A., Zaskia Meilita Alfatin, dan Nur Hayyuna Aprillia mengangkat judul "EFFECT: The Effectiveness in Removing Cu and Fe From Acid Mine Drainage" dengan Pembina Ibu Erna Dewi, S.Pd.

Pada ajang NASPO, 3 tim KIR Garuda SMAN 1 Sumbawa Besar yang berhasil menorehkan prestasi di Tingkat nasional yakni 1 Medali Emas disumbangkan oleh Malika Fisabilillah, Aurelia Kirani Rakhman, Kayla Leilani Shiqah, Rifki Aldiansyah, dan Muhammad Zulfikar Aulia yang mengangkat judul "Penggunaan Mini Desalinator berbasis Sholar Thermal untuk Mengatasi Krisis Air Bersih di Kabupaten Sumbawa"

Adapun tim yang meraih Medali Perak, yakni Aliyah Mufidah, Muhammad Rafi, Muhammad Chandra Destra, Nurfadiyah Haryanto, dan Fella Fakhira mengangkat judul "B-Leaves: Bio-Baterai Ramah Lingkungan Berbahan Ekstrak Cocor Bebek (Bryophyllum Pinnatum) dan Air Asam Tambang" sedangkan tim atas nama Rizki Andrian Kusuma, Hifzan Haryo Pratama, Muh. Aiman Maheswara, Farhan Rasya Rosihan, dan Akbar Bagas Prasetyo memuat judul "Potensi Penyisihan Mikroplastik dari Perairan Menggunakan Metode Magnetik Berbasis Ferrofluid.” Ketiga tim ini juga di bawah pembinaan Ibu Erna Dewi, S.Pd. selaku pembina  KIR Garuda SMAN 1 Sumbawa Besar.

Kepala SMAN 1 Sumbawa Besar Ibu Ainun Asmawati, S.Pd., M.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada Pembina atas kerja keras yang luar biasa dalam membimbing siswa, juga kepada siswa-siswi yang telah mengharumkan nama sekolah, tidak hanya di kancah nasional namun internasional (Wahyuni Darmayanti).

sumber : Humas SMAN 1 Sumbawa Besar
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com