Kemendikbud: Peran Kepala Sekolah Sangat Penting Dalam Penguatan Pendidikan Karakter

Kemendikbud: Peran Kepala Sekolah Sangat Penting Dalam Penguatan Pendidikan Karakter

Madiun, Kemendikbud --- Peran kepala sekolah sebagai seorang manajer sekolah sangat penting dan menentukan keberhasilan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Kepala sekolah berperan menyusun program kegiatan dalam implementasi PPK dan mendorong guru untuk menjadi inspirator dan pendidik.

"Bapak Ibu (kepala sekolah) harus mendorong agar guru tidak sekadar ceramah di kelas tapi menjadi inspirator dan pendidik," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di hadapan para kepala sekolah SD dan SMP se-Kabupaten Madiun di kantor Bupati Madiun, Jumat (17/2/2019).

Mendikbud menjelaskan bahwa program PPK saat ini sedang diuji coba di ratusan sekolah di Indonesia. Muhadjir juga mengajak para kepala sekolah mendukung program ini untuk mempersiapkan generasi penerus yang memiliki karakter baik dan kuat.

Berbagai aktivitas di luar kelas akan membuat pendidikan karakter di sekolah terasa menyenangkan. "Jadi ini bukan berbasis kelas tetapi berbasis lingkungan. Aktivitas seperti bermain peran, berkolaborasi menyelesaikan suatu proyek dapat dilakukan dan ini menyenangkan," ujar Muhadjir.

Jika karakter baik tertanam sejak dini di diri anak-anak Indonesia, sampai dewasa karakter ini akan melekat dan menentukan keberhasilan generasi muda di masa depan. "Karakter ini memiliki daya tahan yang tinggi dan akan menentukan keberhasilan mencapai apa yang mereka cita-citakan," kata mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.

sumber : kemdikbud.go.id
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com