SATU-SATUNYA SEKOLAH DI NTB, DUA SISWA SMAN 1 SUMBAWA BESAR MENJADI PENERIMA BEASISWA INDONESIA MAJU 2023

SATU-SATUNYA SEKOLAH DI NTB, DUA SISWA SMAN 1 SUMBAWA BESAR MENJADI PENERIMA BEASISWA INDONESIA MAJU 2023

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional resmi mengumumkan penerima Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan III pada 30 September 2023 kemarin.

Dari pengumuman tersebut, dua siswa SMAN 1 Sumbawa Besar atas nama Putra Ganesha Karmayoga dan Salsabila Fitria Khairizahrah berhasil lolos dan terpilih menjadi peserta Proyek Sosial Penerima Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan III dari Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kepala SMAN 1 Sumbawa Besar, Ibu Ainun Asmawati, S.Pd., M.Pd. mengungkapkan dirinya sangat bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas pencapaian yang diraih Ganesha dan Salsabila. “Sebagai pimpinan Lembaga, kami akan terus berusaha mensupport dan menginisiasi serta memfasilitasi program-program yang dapat meningkatkan kompetensi dan peluang bagi peserta didik untuk dapat bersaing di era global dan tentunya ini sejalan dengan Program NTB, Maju Melaju,” tegas beliau.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Bapak Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd. menyampaikan ucapan selamat kepada dua siswa SMAN 1 Sumbawa Besar yang terpilih. “Kami sangat bangga atas capaian tersebut, teriring harapan semoga prestasi yang diraih membukakan jalan untuk sukses studi, sukses meraih cita-cita serta menjadi anak-anak NTB yang membanggakan.”

Selanjutnya, Ganesha dan Salsabila akan mengikuti program pengayaan untuk meningkatkan pencapaian dalam mempresentasikan pengembangan diri serta meningkatkan kemampuan empati, kepemimpinan/leadership, teamwork, project management, dan problem-solving yang diselenggarakan hingga bulan Desember 2023.

Adapun beberapa kegiatan proyek sosial yang diikuti meliputi Pembekalan (Bootcamp) Proyek Sosial BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri, Pelaksanaan “Bursa Ide Proyek Sosial”, Implementasi/Pelaksanaan Proyek Sosial, Pelaksanaan “Pameran/Expo Proyek Sosial”, serta Monitoring dan Evaluasi Implementasi Proyek Sosial.

Beasiswa Indonesia Maju S1 Luar Negeri Angkatan III ini diberikan kepada siswa yang memenuhi syarat dan lolos seleksi administrasi. Saat pendaftaran, Ganesha dan Salsabila diwajibkan mengunggah tiga esai yang ditulis dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, panitia akan melakukan seleksi administrasi, prestasi, substansi, dan wawancara.  Sebagai informasi, sebanyak 107 Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) terbaik di dunia telah dikurasi dan ditetapkan sebagai tujuan studi peserta didik penerima BIM.

Beasiswa Indonesia Maju merupakan inisiatif terobosan Kemendikbudristek yan didukung oleh Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) untuk mendorong dan meningkatkan jumlah peserta didik Indonesia yang melanjutkan studi jenjang S1 di perguruan tinggi terbaik di dunia.

Peserta didik penerima beasiswa Angkatan III adalah peserta didik kelas XI tahun 2022 jenjang SMA/SMK dan sederajat dan merupakan finalis atau pemenang dari lomba/kompetisi/festival tingkat nasional atau internasional yang digelar tiga tahun terakhir oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), atau Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) maupun oleh lembaga/masyarakat di luar Puspresnas dan BPTI.

 Selamat kepada Ganesha dan Salsabila sebagai Penerima Beasiswa Indonesia Maju Angkatan III, semoga Provinsi Nusa Tenggara Barat terus melahirkan generasi berprestasi sehingga dapat memberikan kontribusi terbaiknya untuk Indonesia. (Wahyuni Darmayanti)

sumber : Tim Humas
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com