GEMILANG PRESTASI SMAN 1 SUMBAWA BESAR DI NASIONAL DAN INTERNASIONAL DALAM MASA KEPEMIMPINAN ZUL-ROHMI

GEMILANG PRESTASI SMAN 1 SUMBAWA BESAR DI NASIONAL DAN INTERNASIONAL DALAM MASA KEPEMIMPINAN ZUL-ROHMI

Dukungan dalam dunia pendidikan begitu banyak diberikan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah dalam masa kepemimpinannya sejak 2018 hingga 2023 ini, termasuk dalam mendukung pencapaian prestasi SMAN 1 Sumbawa Besar.

Menurut Kepala SMAN 1 Sumbawa Besar, Ibu Ainun Asmawati, S.Pd., M.Pd., dukungan ini beliau rasakan sejak menjadi guru, "Saat itu, pada tahun 2019 saya menjadi peserta Shortchourse bidang Pedagogical Skill ke Queensland University Australia selama 1 bulan yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Setahun pasca Bapak Gubernur dilantik, beliau melepas kami para peserta dari NTB di Pendopo Gubernur. Sampai sekarang, saya menjabat sebagai Kepala SMAN 1 Sumbawa Besar dukungan tersebut tetap mengalir, baik dalam kegiatan yang melibatkan guru maupun siswa-siswi SMAN 1 Sumbawa Besar,” jelas beliau.

Dari kegiatan di Tingkat Internasional, dua guru SMAN 1 Sumbawa Besar baru saja menjalankan program mengajar di Melbourne High School, Australia melalui BRIDGE School Partnership Program yang diselenggarakan Asia Education Foundation (AEF) pada bulan Agustus lalu.  Beliau ialah Bapak Irawan Saputra, S.Pd. selaku guru PPKn dan Ibu Yeyen Kusumawrdhani, S.Pd. selaku guru Sejarah. Hal ini menyatakan bahwa guru SMAN 1 Sumbawa Besar memiliki kompetensi yang luar biasa dalam menguasai bahasa asing meskipun tidak mengajar Bahasa Inggris.

Selain prestasi guru, di Tingkat Internasional sederet nama siswa-siswi SMAN 1 Sumbawa Besar juga berhasil diterima kuliah di luar negeri melalui Beasiswa Indonesia Maju, salah satunya Muhammad Iqbal Taufiqurrahman yang diterima pada tahun 2021 dan kini sedang menempuh S-1 jurusan Mining Engineering di Curtin University, Perth Australia. Adapula Salsabila Fitria Khairizahrah dan Putra Ganesha Karmayoga yang juga menerima Beasiswa Indonesia Maju Persiapan S-1 Luar Negeri dari Kemendikbud RI melalui Pusat Prestasi Nasional dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan tahun 2022 lalu. Pada Juni 2023 kemarin, Ganesha sendiri baru saja menjalani program belajar di Amerika Serikat, tepatnya di Nortwestern University dalam Summer Program.

Selama masa kepemimpinan Zul-Rohmi, SMAN 1 Sumbawa Besar terus mengembangkan diri. Pada masa Pandemi misalnya, tak menyurutkan semangat siswa-siswi SMAN 1 Sumbawa Besar dalam mengukir prestasi. Sederet prestasi tidak hanya Tingkat Kabupaten, namun juga di Tingkat Provinsi dan Nasional terus diraih. Pada tahun 2020 hingga 2021 yang menjadi awal dan puncak pandemi, tercatat sebanyak 49 prestasi yang diraih di berbagai bidang, seperti Lomba Debat Bahasa Indonesia, Lomba Debat Bahasa Inggris/ National Schools Debating Championship (NSDC), Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia, Kompetisi Sains Nasional, Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI), Peraih Medali Emas Vilinius International Project Olympiad dan Medali Medali Perak dalam Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) Kategori Lingkungan, Juara Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Bidang Gitar Solo dan Cipta Lagu Tingkat Nasional, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Menulis Esai, Lomba Cipta dan Baca Puisi , Lomba Musabaqah Tilawatil Quran, dan Lomba Vlog Budaya Regional Bali NTB NTT.

Sampai pada pascapandemi, prestasi-prestasi tersebut terus dikembangkan oleh SMAN 1 Sumbawa Besar. Hal ini terbukti dari naiknya 3 peringkat SMAN 1 Sumbawa Besar sebagai sekolah terbaik di Nusa Tenggara Barat, di mana pada tahun 2021 menduduki peringkat ke enam dan pada tahun 2022 menduduki posisi ketiga sebagai sekolah terbaik versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTPMT). Perolehan ini didapatkan karena banyaknya siswa-siswi SMAN 1 Sumbawa Besar yang diterima oleh perguruan tinggi berdasarkan nilai rerata ujian (UTBK).

Tak hanya itu, untuk meningkatkan semangat sekolah dalam memajukan prestasinya, Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB mengadakan ajang Anugerah Istimewa Sekolah (AISO) yang diselenggarakan rutin pada Hari Peringatan Pendidikan Nasional. Sekolah-sekolah dan guru berprestasi diberikan penghargaaan sebagai apresiasi Pemerintah Provinsi NTB atas pencapaian yang diraih. Pada tahun 2023 ini, SMAN 1 Sumbawa Besar berhasil meraih dua trofi pada Ajang AISO, yakni sebagai Sekolah Aktif dan Informatif Teknologi Jenjang SMA serta sebagai SMA Negeri Gemilang Prestasi Terkualitas Kategori B (kategori dengan jumlah siswa di bawah 1000).

Acara AISO menjadi bukti bahwa dukungan besar Zul-Rohmi banyak mengalir dalam dunia pendidikan. Semoga program Zul-Rohmi akan terus berkelanjutan, sehingga dampaknya akan semakin terasa pada semua bidang. (Wahyuni Darmayanti)

sumber : Tim Humas
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com