SEMANGAT PRESTASI SMANIKA PERSEMBAHAN KEMERDEKAAN KE- 78 RI

SEMANGAT PRESTASI SMANIKA PERSEMBAHAN KEMERDEKAAN KE- 78 RI

Segudang prestasi hingga pertengahan tahun 2023 telah banyak diraih oleh SMAN 1 Sumbawa Besar. SMA yang meraih peringkat terbaik pertama se-pulau Sumbawa dan Top 3 se-NTB (versi LTPMT), berupaya meluaskan pengalaman siswa-siswinya baik di tingkat nasional bahkan internasional.

Pada bulan Juni lalu, Kepala SMAN 1 Sumbawa Besar Ibu Ainun Asmawati, S.Pd., M.Pd. melepas keberangkatan Putra Ganesha Karmayoga untuk menjalani program belajar di luar negeri, yakni di Amerika Serikat tepatnya di Nortwestern University dalam Summer Program yang difasilitasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Beasiswa Indononesia Maju selama 12 hari, tepatnya 19-30 Juni 2023. Sebanyak 19 orang lolos dari Indonesia, pada program yang bertemakan “Investigating the Power of Ethics: Are There Two Sides to Every Issue”, Ganesha lolos dengan bidang Ethics.

Selain di tingkat Internasional, tercatat dari bulan Juni hingga bulan Agustus, sebanyak 12 siswa-siswi SMAN 1 Sumbawa Besar menorehkan prestasi dan pengalamannya di tingkat nasional. Salah satunya, Amaliah Qibtyah yang terpilih untuk mengikuti rangkaian Hari Anak Nasional di Semarang pada 20-23 Juli 2023 lalu. Sebelumnya, Amel telah menjalani seleksi yang sangat ketat baik di tingkat provinsi dengan 20 siswa-siswi terbaik perwakilan masing-masing kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat dalam kegiatan Temu Anak NTB di Hotel Grand Legi, Mataram pada 19-21 Juni 2023.

Rangkaian kegiatan di tingkat nasional berlanjut, Ketua OSIS SMAN 1 Sumbawa Besar Masa Bakti 2022/2023, Muhammad Ardhan Fadil terpilih sebagai 50 peserta terbaik tingkat Nasional dalam IPB Fest 2023. IPB OSIS Fest merupakan sebuah kegiatan dari Institut Pertanian Bogor yang ditujukan bagi para ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di seluruh Indonesia guna mendapatkan pelatihan pengembangan softskill mengenai kepemimpinan. Para ketua OSIS yang terpilih, sebelumnya mengikuti rangkaian seleksi melalui webinar dan kompetisi esai. Dari ratusan peserta yang turut serta, dijaring 50 peserta untuk diundang ke kampus IPB guna mengikuti kegiatan bootcamp sebagai rangkaian dari IPB OSIS Fest 2023.

Dari bidang lingkungan, siswa SMAN 1 Sumbawa Besar atas nama Muhammad Reyhan Zevano telah mengharumkan nama sekolah dan daerah Sumbawa melalui prestasinya sebagai Peserta Terbaik 3 Tingkat Nasional Duta Generasi Hijau 2023. Reyhan berhasil terpilih dari 20 siswa berdasarkan keatifannya dalam menyampaikan gagasan masalah lingkungan dan menjawab berbagai pertanyaan dewan juri. Reyhan lolos menuju nasional berkat bimbingan Bapak Irawan Saputra, S.Pd. dalam tulisan esainya mengenai permasalahan lingkungan. Selain itu, pada bidang ilmu sosial dan politik, Bapak Irawan juga membimbing siswa atas nama Nur Hayyuna Aprillia yang lolos sebagai peserta Parlemen remaja Tingkat Nasional tahun 2023 dan akan mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat pada 11-16 September 2023 mendatang di Jawa Barat.

Pada bidang olahraga, dua siswa SMAN 1 Sumbawa Besar juga turut serta dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Panahan Junior di Sentul Bogor pada 18-25 Juli 2023 lalu. Khoirunnisa Meydi Taqwa dan Annisa Ardianti Citra Ningrum merupakan siswa kelas X yang terdaftar masuk melalui jalur prestasi. Di Kejurnas Junior, Khorunnisa bertanding di Divisi Compound U-18 dengan jarak kualifikasi 50 meter. Sementara rekannya, Annisa bertarung di Divisi Nasional U-18 dengan jarak kualifikasi 40 meter.

Dalam bidang ekstrakurikuler, nama SMAN 1 Sumbawa Besar juga patut diperhitungkan. Tiga siswa SMAN 1 Sumbawa Besar atas nama Qhalanis Dytta Dovarillia, Dinda Diva Fahirah Sakinah, dan Arsy Zulhakim menjadi peserta Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 yang dilaksanakan 14-21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur di bawah bimbingan Pembina Pramuka Bapak Sahabuddin, S.Ag., M.Pd. dan Ibu Ika Rafiqah, S.Pd.

Baru-baru ini, tepatnya 22 Agustus 2023 Tim Ekonomi Smanika yang diwakili oleh tiga siswa SMAN 1 Sumbawa Besar yakni Gashar Yamada Atthira Rahim, Dewa Gede Reksa Parama Aditya, dan Naila Sintya Ramadhani berhasil lolos sebagai peserta nasional dalam Lomba Bedah Data APBD 2023 di bawah bimbingan Bapak Jonni Zulkarnaen, S.E., M.M.Inov. Selanjutnya, Tim Ekonomi Smanika akan bertanding pada Babak Semifinal Bersama 110 Tim setelah melewati seleksi ketat dari 1000 Tim. Segala pencapaian yang diraih merupakan semangat SMAN 1 Sumbawa Besar dalam mengukir prestasi persembahan Kemerdekaan ke- 78 Republik Indonesia. (Penulis: Sri Wahyuni Darmayanti-Tim Media SMAN 1 Sumbawa Besar)


sumber : Tim Humas
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com