BPBD dan FK Tagana Kabupaten Sumbawa Adakan Sosialisasi dan Simulasi Siswa Aman Bencana di SMAN 1 Sumbawa Besar

BPBD dan FK Tagana Kabupaten Sumbawa Adakan Sosialisasi dan Simulasi Siswa Aman Bencana di SMAN 1 Sumbawa Besar

Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada 24 April, BPBD dan FK Tagana (Taruna Siaga Bencana) Kabupaten Sumbawa mengadakan sosialisasi dan simulasi aman bencana kepada siswa-siswi SMAN 1 Sumbawa Besar. 

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Sabtu Budaya pada 14 Mei 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran semua pihak, khususnya jika bencana terjadi di sekolah. Dalam sosialisasinya, Tagana memberikan informasi dan praktik mengenai pemberian pertolongan pertama kepada korban. Selain itu, dalam simulasi siswa diajarkan untuk tanggap terhadap bencana yang terjadi dengan segera menuju jalur evakuasi dan berkumpul di titik aman. Sekolah juga diminta untuk membentuk Sahabat Tagana sebagai tim yang sigap dan siaga membantu jika kemungkinan bencana terjadi. 

Tak hanya secara langsung, BPKD dan FK Tagana juga berkesempatan memberikan informasi secara daring melalui Podcast Smanika. Dalam penjelasannya, BPKD menjelaskan bencana-bencana apa yang mungkin terjadi di Indonesia, khususnya daerah Sumbawa dan bagaimana penanganannya. FK Tagana juga menyampaikan, dengan dibentuknya Sabahat Tagana di tiap sekolah, diharapkan mampu mengantisipasi ancaman bencana dan meminimalkan korban jiwa, korban luka, maupun kerusakan infrastruktur,  sehingga komunitas dapat membangun kesiapsiagaan, maupun pada saat menghadapi bencana dan pulih kembali pascabencana. 

sumber : Tim Humas Smanika
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com