Siswa SMAN 1 Sumbawa Besar Juarai Kompetisi Cyber Security Nasional

Siswa SMAN 1 Sumbawa Besar Juarai Kompetisi Cyber Security Nasional

SUMBAWA – Adanya pandemi Covid-19 tidak menurunkan semangat siswa untuk mengembangkan dirinya melalui berbagai prestasi. Faiz Unisa Jazadi, siswa SMA Negeri 1 Sumbawa Besar yang kini duduk di kelas XII berhasil meraih Juara 3 pada Kompetisi Tingkat Nasional yang bertajuk  iCyption pada 12 Juli 2020.  Kompetisi tersebut diadakan oleh Fakultas Teknik Informatika Universitas Telkom pada 28 Juni 2020 hingga 20 Juli 2020.

Kompetisi yang dilaksanakan secara daring tersebut dibagi menjadi dua cabang perlombaan yaitu competitive programming (CP) dan capture the flag (CTF). Cabang perlombaan yang diikuti Faiz adalah CTF, yakni secara sederhana perlombaan mengambil bendera atau kode khusus yang terdapat dalam suatu tempat yang umumnya adalah sebuah sistem komputer. "Diberikan sebuah sistem seperti  website atau server FTP, kemudian peserta diharuskan mencari celah keamanan atau mencari cara agar dapat masuk ke sistem tersebut dan mendapatkan sebuah flag atau kode yang nantinya akan ditukarkan dengan poin. Akumulasi dari poin-poin tersebut nantinya akan menjadi acuan dalam menentukan siapa peserta yang menjadi juara," tutur siswa yang memiliki ketertarikan pada keamanan siber ini.

Dilansir dari situs resmi kompetisi (https://icyption.telkomuniversity.ac.id), terdapat dua tahapan yang dilalui oleh pesertanya. Tahap pertama yakni tahap seleksi pada 10 Juli 2020 yang kemudian diikuti oleh tahap akhir atau final pada 12 Juli 2020. "Dari puluhan tim, tim saya yang hanya beranggotakan saya sendiri berhasil lolos tahap seleksi. Terdapat sepuluh tim yang melaju ke babak final," ujar siswa siswa yang merupakan anak dari Bapak Iwan Jazadi dan Ibu Iga Widari ini. Menurutnya, tahapan final adalah yang paling menantang. "Soal dan tantangan yang diberikan jauh berbeda dengan tahap seleksi. Meski kompetisi ini ditujukan untuk siswa SMA, namun soal yang diberikan tidaklah mudah. Semua peserta juga diawasi melalui kamera sehingga dipastikan tidak boleh ada yang curang." tambahnya.

Berhasil meraih juara tiga pada cabang perlombaan capture the flag, Faiz mendapatkan sertifikat, uang tunai, serta kupon sertifikasi yang diberikan oleh perusahaan Red Hat yang menjadi sponsor kompetisi ini. Menurutnya, kegiatan perlombaan semacam ini sangat bagus dan diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi generasi muda untuk dapat mengembangkan dirinya dalam hal keamanan siber.

sumber : Humas