Dikbud NTB Siapkan Media Pembelajaran Berbasis Video

Dikbud NTB Siapkan Media Pembelajaran Berbasis Video

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB menyiapkan media pembelajaran berbasis video maupun audio untuk kegiatan belajar dari rumah (BDR). Beberapa waktu terakhir dilakukan pengambilan gambar untuk pembuatan video tersebut.

Kepala Balai Pengembangan Teknologi Pendidikan (BPTP) Dinas Dikbud NTB, Drs. H. Abdurrosyidin R., M.Pd., pada Sabtu, 4 Juli 2020 mengatakan, pihaknya membuat media pembelajaran berbasis video untuk memfasilitasi guru dan peserta didik melaksanakan BDR. “Dengan menyediakan konten pembelajaran melalui siaran daring dan luring,” ujarnya.

Sebelumnya pada Senin, 22 Juni 2020, BPTP telah mengadakan rapat persiapan bersama para guru yang telah direkomendasikan oleh Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Dikbud NTB sebagai partner dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis video maupun audio. Para guru itu adalah pionir atau guru-guru yang memang telah memiliki pengalaman dalam hal pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. Termasuk membuat media pembelajaran video/audio.

Kepala Seksi Kurikulum pada Bidang Pembinaan SMA Dinas Dikbud NTB, Purni Susanto, S.Pd, M.Ed., dihubungi terpisah menjelaskan, sejak bulan Juni lalu tim penyiapan materi video dibentuk. Ia dari seksi kurikulum diminta menyiapkan pokok-pokok materi yang akan dijadikan bahan tutorial.

“Kami lakukan pemetaan KI-KD mapel dari kelas X, XI, dan XII khususnya sEmester ganjil untuk persiapan materi awal tahun ajaran,” katanya.

Purni menjelaskan, pembuatan materi itu ditujukan untuk mengantisipasi siswa tetap belajar dari rumah nantinya. Selanjutnya, tim menyeleksi guru-guru yang akAn mengisi materi dalam video. Tim menyepakati guru-guru yang diambil sudah sesuai kriteria dari bidang pembinaan ketenagaan dan sudah melalui proses penyaringan yang ketat. “Kami berharap materi video pembelajaran tersebut sudah bisa diakses oleh siswa kita di tahun ajaran baru nanti,” harap Purni. (ron)

sumber : https://www.suarantb.com