Lagi, Dua Siswa SMAN 1 Sumbawa Besar akan berlaga di YIC 2020 di Malaysia

Lagi, Dua Siswa SMAN 1 Sumbawa Besar akan berlaga di  YIC 2020 di Malaysia

The Association of Science Technology and Innovation (ASTI) Malaysia bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada untuk menyelenggarakan Young Inventors Challenge (YIC) 2020. YIC memberikan tantangannya berbasis tim dan anggota tim dapat terdiri dari lebih dari 1 sekolah. Acara bergengsi ini didasarkan pada proposal yang diterima, dan proposal terbaik terpilih akan dipilih oleh lebih dari 100 juri ahli. Tim-tim ini akan diundang untuk berpartisipasi dalam grand final. Young Inventors Challenge (YIC) membutuhkan tim hingga 3-5 anggota untuk menyatukan ide dan pikiran mereka dan menghasilkan sebuah penemuan. Tujuan dari program ini adalah untuk membangun dan mendorong kemampuan kreatif dan inventif anak muda. ASTI memulai program ini pada tahun 2013 sebagai percontohan dan responsnya luar biasa.

Pada tahun ini, YIC 2020 akan menjadi tahun ke-8 dalam penyelenggaraannya dan ASTI ingin memperluas kompetisi lebih luas untuk mengundang lebih banyak tim dari berbagai negara. Tema untuk tahun ini adalah “Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”

Young Inventors Challenge (YIC) 2019

Pada ajang YIC Tahun 2019 yang lalu diikuti 446 peserta dari 10 negara Asia, yakni Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Myanmar, Vietnam, China, Timor Leste dan Indonesia. Indonesia dalam ajang ini mengirimkan tiga tim bersaing dengan 133 tim finalis lainnya. Pada Tahun 2019, siswa Indonesia menorehkan prestasi di kancah internasional. Prestasi membanggakan itu datang dari Siti Nur Kholisah dan Suprihatin, siswi SMA Negeri 1 Kedungpring, Lamongan, Jawa Timur, peraih medali emas "Young Inventors Challenge (YIC)" yang diselenggarakan Malaysian Global Innovation & Creativity Center (MAGIC), Cyberjaya, Malaysia (21/9/2019). Peneliti muda Indonesia ini meraih medali emas di YIC 2019 lewat penelitian mereka mengenai foam dari eceng gondok dan tepung singkong yang dirancang sebagai thermal insulator atau penahan panas dalam ruangan. Temuan tersebut sesuai dengan tema yang diusung YIC tahun 2019, yaitu Sustainable Development Goals-12 (SDGs-12). Salah satu tujuan SDG’s adalah memastikan pola konsumsi dan produksi yang bertanggungjawab terhadap lingkungan, sosial, dan budaya.

Delegasi Indonesia di Young Inventors Challenge (YIC) 2020

SMAN 1 Sumbawa Besar patut berbangga pada penyelenggaraan Young Inventors Challenge (YIC) 2020, berdasarkan rilis resmi Kemendikbud, ketiga tim Indonesia berasal dari tiga sekolah menengah atas, yakni:

  1. Syarifah Fatimah Nissatuljannah SB dan Muhammad Farid Andika dari SMAN 1 Sumbawa Besar, Provinsi Nusa Tenggara Barat.
  2. Zulvan Kheidir ‘Aliy Nurwigantara dan Rifkanisa Nur Faiza keduanya siswa dari SMAN 1 Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta
  3. Fiorentina Desmonda Tabita dan Sabina Fitri Enggal Pratiwi keduanya siswa dari SMAN 1 Salatiga, Jawa Tengah.  

Delegasi Indonesia pada YIC 2020 terpilih melalui seleksi nasional pada ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2019 dan Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) tahun 2019.

Daftar undangan yang dirilis resmi Kemendikbud antara lain melibatkan Tim dari Pusat Prestasi Nasional yang langsung dipimpin oleh Dr. Ir. Bastari, M.A. (Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional); Prof. Dr. Tineke Mandang (Fakultas Teknologi Pertanian – IPB, Dr. Wahyu Srigutomo (FMIPA – ITB), Dr. Rer nat, Abu Amar (Ketua Departemen Teknologi Industri Pertanian – ITB) sebagai Pembina Proposal Konten; 2 Pakar dari FSRD Institut Teknologi Bandung antara lain Imam Sudjudi, M.Sn. sebagai Pembina Poster Penelitian dan Dr. Alvanov Zpalanzani, S.T. M.M. sebagai Pembina Teknis Komunikasi dalam pameran dan Presentasi; Lina Jusuf, M.Si (Penerjemah) dan Winaya Ikhsana Menursari, S.H. S.S. M.Si. sebagai Pembina Penulisan Bahasa Inggris dalam Proposal Penelitian, Sainal Abidin Alam (Sagasitas) sebagai Komunitas Penggerak Penelitian Siswa. Dikerenakan COVID-19, maka pembinaan dilaksanakan secara online dimulai pada hari Rabu s.d. Sabtu, 8 s.d. 11 April 2020 dengan menggunakan fasilitas Zoom Cloud Meeting, email dan WhatsApp.

Semoga Tim Indonesia sukses meraih Medali Emas di penyelenggaran Young Inventors Challenge 2020. Nissa dan Farid.... SEMANGAT SMANIKA!!!!!!!! SEMANGAT INDONESIA!!!!!!!!

sumber : Humas