SMAN 1 SUMBAWA BESAR BERKOMITMEN MENINGKATKAN CAPAIAN LITERASI BIDANG KEUANGAN SEKOLAH

SMAN 1 SUMBAWA BESAR BERKOMITMEN MENINGKATKAN CAPAIAN LITERASI BIDANG  KEUANGAN SEKOLAH

Literasi keuangan sekolah adalah kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki oleh sekolah, guru, dan siswa untuk mengelola keuangan mereka secara efektif. Ini melibatkan pemahaman tentang konsep keuangan dasar, pengelolaan anggaran, investasi, dan pengambilan keputusan keuangan yang bijaksana.

Mengingat pentingnya literasi keuangan di kalangan pelajar, Kepala SMAN 1 Sumbawa Besar Ibu Ainun Asmawati, SPd.M.Pd.  melakukan penyegaran Kembali MoU atau PKS (Perjanjian Kerja Sama) dengan salah satu bank mitra, dalam hal ini Bank NTB Syariah. PKS ini diharapkan tidak hanya menguntungkan salah satu pihak namun kedua belah pihak, pasalnya sekolah memperoleh kemudahan dalam pembukaan buku tabungan siswa, sebagai bekal nanti mereka melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi, atau kebutuhan mendesak lainnya, dana tabungan siswa juga dijemput mobil layanan secara berkala ke sekolah.

Selain itu, pihak sekolah, ujar Ainun Kepala Sekolah Perempuan Definitif Pertama di SMAN 1 Sumbawa Besar ini menjelaskan bahwa mulai tahun ajaran baru 2023/2024, pola atau mekanisme tabungan siswa diubah yang awalnya menabung di koperasi sekolah (konvensional) dengan adanya ilmu tambahan tentang literasi keuangan ini, beralih pemindahan dananya ke rekening atau buku tabungan siswa masing-masing. Hal tersebut tentunya sangat positif mengingat menabung di lembaga perbankkan akan memberikan benefit langsung dan cepat kepada peserta didik, dan akan berimbas kepada peningkatan layanan sekolah itu sendiri.

Selain itu sejak awal September 2023 SMAN 1 Sumbawa Besar melakukan sistem pembayaran Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) melalui mekanisme Transaksi Virtual Account (VA) dengan tujuan kemudahan transfer, dan transparansi keuangan sekolah. Peserta didik dalam prosesnya oleh perbankan dibuatkan masing masing nomor VA, dan nomor VA tersebut dapat berfungsi sebagai nomor tujuan transaksi yang dituju oleh orang tua murid untuk tujuan pembayaran uang sekolah.

Selain kemudahan dan layanan yang didapatkan oleh sekolah,  pihak perbankan tentunya juga memperoleh benefit yang sama antara lain meningkatnya jumlah nasabah atau penabung, dibuktikan dengan dibukanya tabungan,

Di Akhir wawancara kami juga meminta testomoni Direktur Bank NTB Syariah Cabang Sumbawa, Ibu Yenni Juliana, S.E.M.M.Inov. yang juga turut hadir dalam pembagian buku tabungan secara simbolis, mengatakan  bahwa sangat senang bekerja sama dengan SMAN 1 Sumbawa Besar,  karena ikhtiar kita bersama untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat dalam memanfaatkan perbangkan dalam kemanan transaksi, tetap semangat menabung demi masa depan. Pihak Bank NTB secara berkala akan memberikan reward bagi penabung terbanyak, maupun terajin walau jumlahnya tidak banyak namun konsisten, serta dorprize lainnya. 

sumber : Tim Humas
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com