SMAN 1 SUMBAWA BESAR BERMITRA DENGAN MELBOURNE HIGH SCHOOL AUSTRALIA DALAM PROGRAM BRIDGE

SMAN 1 SUMBAWA BESAR BERMITRA DENGAN MELBOURNE HIGH SCHOOL AUSTRALIA DALAM PROGRAM BRIDGE

Guru Kemitraan BRIDGE dari Australia akhirnya tiba di Sumbawa pada Sabtu, 21 Januari 2023 pagi tadi. Dalam kedatangannya di SMAN 1 Sumbawa Besar, Mrs. Silvy Maria Wantania dan Mrs. Philippa Jane Capon guru dari Melbourne High School disambut hangat oleh Bapak/Ibu Guru SMAN 1 Sumbawa Besar dengan iringan Rantok dan Tari Nguri sebagai tari persembahan kepada tamu kehormatan.

Kedatangan guru dari Australia ini merupakan Program BRIDGE dari Pemerintah Australia melalui Departemen Luar Negeri dan Perdagangan dan diimplementasikan oleh Asia Education Foundation (AEF), di mana sebelumnya SMAN 1 Sumbawa Besar terpilih sebagai sekolah dari Nusa Tenggara Barat untuk bermitra dengan sekolah dari Australia. Pada nantinya, guru dari SMAN 1 Sumbawa Besar, yakni Bapak Irawan Saputra, S.Pd. (Guru PPKn) dan Ibu Yeyen Kusumawardhani, S.Pd. (Guru Sejarah) juga akan melakukan kunjungan balasan ke sekolah yang ada di Australia, yakni Melbourne High School untuk mendapatkan pengalaman belajar tentang sistem pendidikan yang ada di Australia. 

Kedatangan Mrs. Silvy dan Mrs. Phip di SMAN 1 Sumbawa Besar bertepatan dengan diadakannya Sabtu Budaya "Bazar dan Pameran Makanan Tradisional Khas Daerah Sumbawa," sehingga di waktu yang bersamaan, guru dari Australia ini dapat mengenal sekaligus mencicipi cita rasa makanan khas daerah Sumbawa, mulai dari jajanan tradisional hingga masakan khasnya. Terdapat 18 kelas yang memamerkan hasil makanannya, dengan pembagian jenis berdasarkan tingkatan kelas. Kelas X sendiri, memamerkan jajanan tradisional seperti Nagasari, Cucir, Tepung Apam, Janda Bernang, Tepong Roko, Cantik Manis, Onde Lenga, Onde Tepok, Gemplang, dan Berongko. Sedangkan dari kelas XI memamerkan masakan khas Sumbawa, seperti Jangan Sirapadang dan Sirasang, Ayam Siong Sira, Ayam Sira Bage, Pelu Aru, Pelu Nyer, dan Gecok. Kegiatan ini diharapkan siswa lebih mengenal dan melestarikan hasil karya daerahnya sebagai implementasi Projek Profil Penguatan Profil Pancasila (P5), sehingga dengan demikian para guru kemitraan dari Australia dapat mengetahui kelezatan dan keanekaragaman makanan khas Sumbawa. 

Selamat datang di Sumbawa, selamat datang di SMANIKA kami ucapkan kepada Mrs. Silvy dan Mrs. Phip. (Wahyuni Darmayanti)

sumber : Tim Humas
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com