DUA SISWA SMAN 1 SUMBAWA BESAR LOLOS SELEKSI PARLEMEN REMAJA TINGKAT NASIONAL

DUA SISWA SMAN 1 SUMBAWA BESAR LOLOS SELEKSI PARLEMEN REMAJA TINGKAT NASIONAL

Dua siswa SMAN 1 Sumbawa Besar, Ikhsan Jordan Dwi Putra dan Rifqi Ariswan Agasi berhasil lolos dalam Seleksi Parlemen Remaja Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI tahun 2022. Seleksi ini resmi diumumkan melalui Website dan Instagram Parlemen Remaja untuk menjaring siswa SMA di seluruh Indonesia yang dapat berpikir kritis sehingga memahami proses politik di Indonesia. Sebagai syarat seleksi, para siswa wajib mengumpulkan CV, karya tulis mengenai "Generasi Sadar Privasi: Dataku Tanggung Jawabku" serta video mengenai "Jika Saya menjadi Anggota DPR, Apa yang akan Saya Lakukan untuk Melindungi Data Pribadi?" yang dikumpulkan pada Agustus lalu. 

Ariswan dan Jordan berhasil lolos memborong Dapil Pulau Sumbawa yakni sebagai Dapil NTB 1 di bawah bimbingan Bapak Irawan Saputra, S.Pd. Setelah pengumuman kelolosan, pada bulan September keduanya diberikan arahan oleh panitia Direktorat Jenderal DPR RI untuk persiapan keberangkatan. Sebagai pembina, Bapak Irawan begitu bangga atas pencapaian siswanya, "Sebelumnya ada 10 siswa yang sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini,  semua sudah memberikan usaha terbaiknya. Dua siswa dari SMAN 1 Sumbawa Besar yang terpilih adalah siswa pilihan terbaik dari tim juri. Semoga keduanya dapat menunjukkan kapasitasnya sebagai calon parlemen remaja yang siap menjadi legislator di masa yang akan datang."

Selanjutnya, Ariswan dan Jordan akan mengikuti rangkaian kegiatan di Wisma Griya Sabha DPR RI, Kabupaten Bogor Jawa Barat pada 10-14 Oktober 2022. Berbagai persiapan telah dilakukan mulai dari pembinaan rutin hingga berkunjung ke DPRD Kabupaten Sumbawa untuk beraudiensi mengenai tupoksi anggota parlemen, keduanya bahkan diberikan kesempatan untuk mengikuti rapat kerja anggota dewan mengenai pembentukan peraturan daerah dan simulasi rapat paripurna sebagai pembekalan dalam melakukan diskusi antar anggota dewan. Selamat mengikuti rangkaian untuk Ariswan dan Jordan. Semoga berbagai pengalaman yang didapatkan dapat menjadi pembelajaran berharga untuk mengejar cita-cita (Wahyuni Darmayanti).

sumber : Tim Humas Smanika
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com