Iqbal dan Jane Raih Gold Medal Winners VILIPO 2021

Iqbal dan Jane Raih Gold Medal Winners VILIPO  2021

Vilnius International Project Olympiad (VILIPO) bercita-cita untuk menghidupkan kembali kesadaran lingkungan di benak setiap anak muda. Peserta Olimpiade VILIPO adalah promotor muda yang bertindak atas perubahan di seluruh dunia. Olimpiade VILIPO bertujuan untuk menyatukan pikiran kaum muda dalam acara yang bermakna, di mana para peserta akan saling memotivasi untuk memberikan kontribusi yang tak ternilai bagi masyarakat dan umat manusia serta menghidupkan kembali kesadaran lingkungan di benak semua orang.

Olimpiade VILIPO adalah kompetisi internasional yang menarik dan memotivasi pelajar berusia 14-19 tahun. Misi Olimpiade VILIPO adalah untuk mendorong pemahaman global tentang masalah lingkungan dan membuat kemajuan dalam keberlanjutan melalui sains dasar, seni, teknologi, dan teknik.

Visi Olimpiade VILIPO adalah untuk menghasilkan karya terbaik dari setiap siswa dan memotivasi mereka untuk mencapai potensi terbaik, dan untuk melihat diri mereka sebagai pemimpin masa depan, ilmuwan, seniman, penulis, insinyur, dan pembuat hukum yang akan mempromosikan dan berkontribusi pada kelestarian lingkungan yang lebih besar sepanjang waktu.

Olimpiade VILIPO bukan hanya sekedar platform di seluruh dunia untuk meluncurkan penemuan; ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa mereka dapat menghargai ide-ide dan kreativitas mereka yang akan memberikan pengalaman dalam kehidupan di masa yang akan datang.

Olimpiade VILIPO diselenggarakan di Pusat Ilmu Fisik dan Teknologi (Center For Physical Sciences and Technology, FTMC), yaitu lembaga penelitian ilmiah terbesar yang melaksanakan penelitian fundamental yang unik dan karya pengembangan teknologi di bidang ilmiah teknologi laser, optoelektronik, fisika nuklir, kimia organik, bio dan nanoteknologi, ilmu material elektrokimia, bahan fungsional, elektronik, dll. di Lituania. FTMC didirikan pada tahun 2010 dengan bergabung dengan institut Kimia, Fisika, Fisika Semikonduktor di Vilnius dan institut Tekstil di Kaunas. Selama beberapa tahun terakhir, Pusat yang menggabungkan berbagai cabang sains telah menjadi salah satu lembaga ilmiah terkemuka di Lituania.

Pada Vilnius International Project Olympiad (VILIPO) 2021 dikuti oleh total 81 peserta hasil seleksi dari berbagai negara. Pada ajang VILIPO 2021 kategori Art diikuti 18 peserta dari Albania, Bulgaria, Kyrgyzstan, Latvia, Lithuania, Macedonia, Mozambique, dan Nigeria. Kategori Creative Writing diikuti 6 peserta dari Mesir, Lithuania, Macedonia. Kategori Energi diikuti 7 peserta dari Albania, Belarusia, Irak, Macedonia,Rumania, Amerika Serikat. Kategori Engineering diikuti 9 peserta dari Belarusia, Bosnia and Herzegovina, Indonesia, Macedonia, Nigeria, Romania, Afrika Selatan, Amerika Serikat. Kategori Environment diikuti 32 peserta dari Belarusia, Bosnia and Herzegovina,Ghana, Indonesia, Irak, Lithuania, Macedonia, Moldova, Mozambique, Nigeria, Rumania, Amerika Serikat. Kategori Programming diikuti 5 peserta dari Macedonia, Nigeria, Romania dan kategori Robotics diikuti 4 peserta dari Kazakhstan, Lithuania, Macedonia dan Afrika Selatan

Vilnius International Project Olympiad (VILIPO) 2021 Award Ceremony yang dilaksanakan 22 Mei 2021, Dua Tim INDONESIA berhasil meraih Gold Medal Winners untuk Kategori Environment diwakili Muhammad Iqbal Taufiqur Rahman dan Jane Chrisly Yongasa (SMAN 1 Sumbawa Besar).

Tim SMAN 1 Sumbawa Besar Provinsi Nusa Tenggara Barat sebelumnya mengikuti Indonesia Sains Project Olympiad (ISPO) 2021 berhasil memperoleh penghargaan Silver Medal di ISPO 2021 dengan judul penelitian TERM-TECH (THE EARTHENWARE REDUCING MERCURY TECHNOLOGY) AS A SOLUTION TO MERCURY POLLUTION IN THE WATERS dan melanjutkan kompetisi mewakili Indonesia di Ajang VILIPO – Lithuania dengan Kategori Environment dengan sub topik Pengelolaan Lahan, Pengelolaan Ekosistem, Bioremediasi, Polusi / Kualitas Udara • Polusi / Kualitas Tanah, Polusi / Kualitas Air dan 3R: Reduce-Recycle-Reuse.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi disampaikan kepada Pembina Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dan Pembina VILIPO 2021 : Ibu Ainun Asmawati, S.Pd. M.Pd. dan Ibu Erna Dewi, S.Pd. (Pembina KIR Garuda SMANIKA) dan Bapak Emsal Yanuar S.Si., M.Si. atas dukungan pembinaan yang luar biasa bagi siswa-siswa SMAN 1 Sumbawa Besar. Selamat dan sukses untuk Ananda Muhammad Iqbal Taufiqur Rahman dan Jane Chrisly Yongasa. Energi terbaik anak-anak muda Gen Z untuk Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB dan Indonesia.

sumber : PPID SMANIKA
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com