SMAN 1 Sumbawa Besar Raih Kategori Informatif Anugerah KIP NTB 2020

SMAN 1 Sumbawa Besar Raih Kategori Informatif Anugerah KIP NTB 2020

Mataram – Sebanyak 15 Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi NTB meraih kategori Badan Publik Informatif dalam  Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) NTB tahun 2020. 

Wakil Gubernur NTB, Dr. Ir. Hj. Siti Rohmi Djalillah, M.Pd., yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi capaian perangkat daerah yang sukses meraih kategori Informatif. 

”Ini mengukuhkan bahwa Nusa Tenggara Barat memang betul-betul menjadi provinsi yang terbuka dari sisi informasi,” puji Wakil Gubernur yang akrab disapa Ummi Rohmi dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Provinsi NTB tahun 2020, bertempat di Gedung Graha Bhakti Praja, Senin (7/12). 

15 Perangkat Daerah yang meraih kategori Informatif tersebut antara lain : Biro Humas dan Protokol Setda NTB, Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Inspektorat, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda), RSJ Mutiara Sukma, Bappeda, Dinas Penanaman Modal-PTSP, Dinas Sosial, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perdagangan, Dinas Perindustrian, Dinas Ketahanan Pangan, dan Rumah Sakit HL.Manambai Abdulkadir.

Wagub mengapresiasi raihan tersebut yang semakin mengukuhkan Provinsi NTB sebagai Badan Publik Informatif 2020 secara nasional dari Komisi Informasi Pusat bersama Provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta dan Jawa Barat. 

”Tahun depan semuanya harus signifikan lagi. Sangat memungkinkan bahwa jika kita terus bersungguh sungguh  kita akan lebih baik lagi di tahun mendatang,”  ajak Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur Periode 2009-2013 tersebut. 

Selain itu, Ummi Rohmi juga merasa bangga dengan capaian kabupaten kota yang meraih kategori Informatif. Menurutnya, ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah juga sungguh-sungguh paham bahwa yang dikerjakan juga harus diketahui masyarakat. Sehingga masyarakatpun bisa ikut berkontribusi mensukseskan program program di NTB.  

”Selamat kepada  Kabupaten  Lombok Barat, Mataram kemudian Lombok Tengah kemudian kota Bima dan juga KSB,” puji ummi Rohmi.

Selain OPD dan Kabupaten Kota, terdapat kategori Badan Publik sekolah yang memperoleh kategori informatif, yaitu SMAN 5 Mataram, SMKN 1 Lembar, SMAN 1 Sumbawa Besar, dan SMKN 1 Taliwang. Adapun kategori Puskesmas di raih Puskesmas Cakranegara dengan  kualifikasi menuju informatif.  Sedangkan kategori Badan Publik Desa di raih Desa Barabali dengan kategori menuju infomatif.

Sebelum diberikan Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, Komisi Informasi Provinsi NTB melakukan kegiatan  monitoring dan evaluasi sejak bulan September sampai dengan November 2020. Badan Publik yang di Monev tahun ini berjumlah 104 badan publik, terdiri dari 44 badan publik OPD Provinsi NTB, 10 badan publik kabupaten/kota, 20 badan publik SMA/SMK Negeri, 16 badan Publik Desa, 10 badan publik puskesmas dan 4 badan publik BUMD. Monev KIP NTB Tahun 2020 dilakukan melalui tahapan pengisian kuisoner, pengembalian kuisoner, verifikasi kuisoner (melalui data pendukung dan website masing-masing badan publik), presentasi badan publik dan rekapitulasi hasil evaluasi (untuk menentukan kualifikasi setiap badan publik berdasarkan nilai yang diperoleh).  

Monev KIP NTB 2020 ditekankan pada 4 indikator penilaian yakni (1) pengembangan website/media online, (2) pengumuman informasi publik, (3) pelayanan informasi publik, dan (4) penyediaan informasi publik. (ikp@diskominfotik).

Sumber : https://www.ntbprov.go.id

sumber : PPID SMAN 1 SUMBAWA BESAR
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com