Aliya Nazhifah Zayani Siswi SMAN 1 Sumbawa Besar Torehkan Prestasi Membanggakan dengan Wakili Provinsi NTB pada Parlemen Remaja Tingkat Nasional Tahun 2024

Aliya Nazhifah Zayani Siswi SMAN 1 Sumbawa Besar Torehkan Prestasi Membanggakan dengan Wakili Provinsi NTB pada Parlemen Remaja Tingkat Nasional Tahun 2024

Aliya Nazhifa Zayani siswi berprestasi dari SMAN 1 Sumbawa Besar berhasil menorehkan prestasi membanggakan melalui Parlemen Remaja Tingkat Nasional Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) di Bogor dan Jakarta pada 9-14 September 2024. Aliya terpilih sebagai peserta Parlemen Remaja Dapil 1 Provinsi Nusa Tenggara Barat di bawah binaan Bapak Irawan Saputra, S.Pd. berkat seleksi esai yang ditulisnya mengenai “Sekolah Merdeka Plus: Guru yang Berjiwa Merdeka, Siswa Terbang ke Angkasa.”

Selama enam hari, kegiatan yang diikuti Aliya begitu padat, seperti kegiatan Seminar Mekanisme Kerja DPR RI, Seminar Nasional, Simulasi Rapat Dengar Pendapat Umum dan Kunjungan Kerja, sesi diskusi, lokakarya, dan Simulasi Sidang Paripurna. Dalam forum-forum tersebut, Aliya turut menyuarakan aspirasi para pemuda, khususnya terkait dengan pentingnya pendidikan berkualitas, pengembangan potensi diri, dan partisipasi aktif dalam pembangunan bangsa. Kemampuan Aliya dalam berpikir kritis dan menyampaikan pendapat tidak diragukan lagi, sebab sebelum mengikuti kegiatan ini Aliya telah aktif dalam berbagai organisasi dan ekstrakurikuler, serta telah banyak mengikuti lomba di berbagai ajang.

Kegiatan yang penuh makna ini memberikan kesempatan bagi Aliya untuk berinteraksi dengan para pemuda inspiratif dari berbagai daerah di Indonesia, serta memperdalam pemahamannya tentang isu-isu terkini yang dihadapi oleh generasi muda.

Puncak dari kegiatan ini adalah kunjungan kerja ke beberapa lembaga negara, seperti DPR RI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Aliya dan rekan-rekannya berkesempatan untuk bertemu langsung dengan para anggota DPR dan pejabat pemerintah, serta menyampaikan berbagai usulan dan masukan terkait dengan kebijakan pemuda.

Kepala SMAN 1 Sumbawa Besar, Ibu Ainun Asmawati, S.Pd., M.Pd. menyampaikan rasa bangga atas keberhasilan Aliya sebagai peserta Parja Tingkat Nasional. “Alhamdulillah, siswi kami kembali lolos mewakili Provinsi NTB pada ajang bergengsi ini. Sebagai kepala lembaga, saya mengucapkan terima kasih kepada pembina dan ananda Aliya yang telah bekerja keras dalam rangkaian seleksi, sehingga dapat meneruskan budaya tahunan SMAN 1 Sumbawa Besar bisa menjadi peserta Parja Tingkat Nasional.” Ungkap beliau mengapresiasi.

Selamat kepada Aliya, semoga dengan aspirasinya terus menginspirasi. (Wahyuni Dharmayanti)

sumber : Tim Humas Smanika
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com