TIM SMAN 1 SUMBAWA BESAR MASUK TOP 5 DALAM LOMBA BEDAH DATA APBD NASIONAL 2023

TIM SMAN 1 SUMBAWA BESAR MASUK TOP 5 DALAM LOMBA BEDAH DATA APBD NASIONAL 2023

Kementerian Keuangan Republik Indonesia baru saja mengundang para finalis 10 Besar Nasional dalam Lomba Bedah Data APBD di Jakarta pada 17-20 Oktober 2023 kemarin. Lomba APBD merupakan kompetisi analisis data APBD dalam bentuk Cerdas Cermat, E-sport Excel, Presentasi Infografis/Poster, dan Debat untuk jenjang SMA/MA/SMK/Sederajat yang berfokus pada bidang pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur di masa sebelum dan setelah pandemi COVID-19.

Lomba yang bertujuan untuk menanamkan pengetahuan, rasa ingin tahu, dan juga kepedulian terhadap negara dan daerah ini bekerja sama dengan United Nations Children’s Fund (UNICEF), PT. Sarana Multi Infrastruktur, dan SKALA (Innovation Factory).

Tim Smanika Aswara SMAN 1 Sumbawa Besar yang diwakili oleh Gashar Yamada Atthira Rahim, Naila Sintya Ramadhani, dan Dewa Gede Reksa Parama Aditya berhasil masuk sebagai 5 Besar yakni Juara Harapan II pada Lomba Bedah Data APBD Tingkat Nasional Tahun 2023 di bawah bimbingan Bapak Jonny Zulkarnaen, S.E. M.M.Inov. selaku Pembina Ekonomi, Ibu Sri Wahyuni Darmayanti, S.Pd. selaku Pembina Debat, dan Bapak Irawan Saputra, S.Pd. selaku Pembina Cerdas Cermat.

Pencapaian prestasi ini tidak didapat begitu saja, ada berbagai persiapan dan pembinaan rutin yang dilakukan agar para siswa terlatih secara mental dan luas pengetahuannya mengenai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Persapan telah dilakukan sejak bulan Juni hingga Oktober. Selain dukungan dari sekolah, dalam pembinaan hingga keberangkatan  ke PT Amman Mineral Internasional Sumbawa Barat juga memberikan dukungan penuh agar putra daerah dapat bersaing di kancah nasional.

Di temui di ruangannya, Kepala SMAN 1 Sumbawa Besar, Ibu Ainun Asmati, S.Pd., M.Pd., mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada PT Amman Mineral yang telah memberikan dukungan yang luar biasa. “Alhamdulillah, PT Amman Mineral berikan support full kepada siswa-siswi kami. Dari support ini, kami merasa tidak ada kendala dari segi dana sehingga siswa mendapat pembinaan dan layanan secara maksimal. Sebagai kepala sekolah, tentunya saya merasa bangga atas pencapaian yang diraih Tim Smanika Aswara di Tingkat Nasional, selain berhasil masuk sebagai Top 5, sekolah kami merupakan satu-satunya sekolah dari Nusa Tenggara Barat yang menuju nasional dalam Lomba Bedah Data APBD 2023,” ujar beliau. (Wahyuni Darmayanti)


sumber : Tim Humas
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com