HGN, Wagub Minta Generasi Muda Konsumsi Makanan Bergizi

HGN, Wagub Minta Generasi Muda Konsumsi Makanan Bergizi

Mataram - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Sitti Rohmi Djalilah memotivasi para siswa-siswi yang akan menjadi penerus bangsa, agar menjaga kesehatan dan tetap konsisten dalam mengonsumsi makanan yang bergizi.

"Kalian adalah calon pemimpin bangsa kedepan, harus berani bermimpi besar, dan calon pemimpin harus menjaga tubuh agar tetap sehat, menjaga pola makan. Tidak perlu mahal asalkan bergizi," kata Wakil Gubernur saat menghadiri acara HGN di SMAN 1 Lembar Lombok Barat, Jumat (14/2/2020).

Wakil Gubernur, Ummi Rohmi menyebutkan beberapa makanan khas NTB yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya sayur bening, tahu, tempe, urap-urap, pelecing dan beberok. Selain menjaga gizi tubuh, hal ini juga sebagai bentuk pelestarian makanan khas NTB.

Selain itu, Ummi Rohmi juga menekankan agar generasi muda ini juga rutin sarapan pagi dan rutin mengonsumsi tablet penambah darah sesuai anjuran.

"Harus sarapan pagi, kemudian ditambah dengan tablet penambah darah, karena anak-anak di Indonesia banyak sekali yang terindikasi anemia," ungkapnya.

Ummi Rohmi meminta agar siswa-siswi yang hadir ini untuk memiliki cita-cita tinggi sebagai generasi penerus bangsa. Pendidikan harus diutamakan agar memiliki ilmu yang bermanfaat bagi Indonesia khususnya NTB.

"Kedepannya kita butuh anak-anak yang pintar, karena dunia ini hanya bisa kita jalani dengan baik, kita kuasai dengan baik kalau kita memiliki ilmu," tutur orang nomor 2 di NTB ini.

Srikandi NTB ini berharap sekolah yang bersih dan sehat ini dapat terwujud dengan baik dan menjalankan program-program terukur dengan evaluasi-evaluasi yang jelas di bawah koordinasi Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

"Saya sangat berharap kepada kepala dinas kesehatan dan kepala dinas pendidikan, sekolah sehat dan bersih serta keterlibatan orang tua wajib kita sukseskan, evaluasinya harus bagus," harapnya.

Kepala dinas kesehatan yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa aksi bergizi HGN ini dilaksanakan di NTB oleh 145 puskesmas bersama 145 sekolah baik tingkat SMP maupun SMA dilaksanakan secara serentak pada hari ini.

Ia mengungkapkan bahwa program Aksi Bergizi ini adalah program yang ditetapkan sebagai program unggulan untuk meningkatkan gizi generasi muda di NTB ini.

Dalam program ini, ada beberapa kegiatan yang dilakukan, antara lain sarapan bersama, meminum tablet penambah darah sekali seminggu untuk menghindari anemia, dan acar literasi gizi agar generasi masa depan NTB mengetahui pentingnya gizi untuk kesehatan. (LNG04)

sumber : Humas
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com