SMAN 1 Sumbawa Ikuti Gerakan Ayo Bercita-Cita (GAB) Tahun 2020

SMAN 1 Sumbawa Ikuti Gerakan Ayo Bercita-Cita (GAB) Tahun 2020

Menurut hasil penelitian, sebagian besar anak Indonesia masih belum punya cita-cita? Banyak guru dan orang tua yang masih belum menyadari akan manfaat bercita-cita dan betapa rentannya anak yang tidak memiliki cita-cita. Jika mereka yang memiliki cita-cita memiliki potensi lebih untuk dapat meraih sukses, sebaliknya, mereka yang tidak memiliki cita-cita akan memiliki potensi lebih untuk bermasalah, terlibat dalam kenakalan, bahkan kejahatan. Berbagai penyimpangan sosial mulai dari mencontek, berbohong, hingga narkoba dan pergaulan bebas, bahkan sampai tindakan kriminal seperti mencuri atau membunuh, penyebabnya tak jauh dari faktor internal dan eksternal.

Keberadaan cita-cita sedikit banyak akan membentenginya, sehingga tidak mudah terbawa arus, tidak ‘rapuh’, serta mampu berpikir panjang. Faktor lain yang turut berperan dalam membangun cita-cita anak Indonesia adalah keterlibatan orang dewasa dan teman sebaya. Anak butuh model dan bimbingan, serta lingkungan yang konstruktif. 

Menurut Mona Sugianto, "Cita-cita itu memberikan sebuah gambaran tentang perwujudan akan seperti apa masa depan kita. Karena itulah kita akan bergerak untuk mewujudkannya. Kita memiliki cita-cita berarti kita memiliki gairah dan motivasi dalam hidup. Memiliki cita-cita membuat kita fokus dan menumbuhkan daya juang untuk meraihnya. Di sisi lain, memiliki cita-cita melatih rasa putus asa dan kecewa"

Tujuan 

  1. Mendorong setiap anak memiliki cita-cita (dibuktikan dengan mengisi buku cita-cita)
  2. Mendorong partisipasi pendidik sebagai agen utama dalam proses pendampingan kepada peserta didik untuk memvisualisasikan cita-citanya
  3. Menjadikan GAB sebagai bagian dari gerakan nasional yang didukung oleh segenap stakeholder terkait

            

Kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru Pembina Gerakan Ayo Bercita-Cita (GAB) bagi Wakasek Kesiswaan/Guru BK Pembina OSIS SMA dan SMK Negeri di Kabupaten Sumbawa Tahun 2020 di SMKN 1 Sumbawa Besar yang dilaksanakan Senin s.d. Rabu, 16 s.d. 18 November 2020. Tim SMAN 1 Sumbawa Besar Bapak Drs. Suherman, Bapak Sahabuddin, S.Ag. M.Pd. dan Bapak Yudi Rismayadi, S.Pd.Kor. memberikan presentasi hasil curah gagasan (Brainstorming) pada para peserta kegiatan.


sumber : PPID
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com