Raih Dua Medali Emas dan Satu Medali Perak Jang KopSI 2020 SMAN 1 Sumbawa Besar Terbaik Bidang Penelitian

Raih Dua Medali Emas dan Satu Medali Perak Jang KopSI 2020 SMAN 1 Sumbawa Besar Terbaik Bidang Penelitian

Kabar gembira dari Tim NTB Gemilang datang dari Tim Kelompok Ilmiah Remaja (KIR Garuda) SMAN 1 Sumbawa Besar melalui Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kemdikbud RI. Pada pengumuman melalui Zoom Meeting yang disaksikan langsung oleh seluruh Finalis KoPSI pada Jumat, 6 November 2020, Tim KIR Garuda SMAN 1 Sumbawa Besar berhasil mendapat dua Medali Emas dan satu Medali Perak sehingga mengalami kenaikan prestasi dari tahun sebelumnya yakni satu Medali Emas pada Bidang MST.


Proses seleksi dimulai dengan mengajukan proposal dan tercatat sebanyak 1.740 proposal masuk ke Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) untuk diseleksi juri menjadi 1.298 naskah penelitian. Setelah Tim KIR Garuda SMAN 1 Sumbawa Besar dinyatakan lolos menjadi Finalis, panitia meminta melengkapi proposal menjadi laporan akhir dan hanya diterima sebanyak 150 naskah penelitian ke tingkat Nasional.


Adapun siswa-siswi perwakilan SMAN 1 Sumbawa Besar dari Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH) yakni Lazuardi Choiri Imani dan Nelly Liswana dengan judul penelitian "Hitung Mundur Kepunahan Basa Samawa, Bahasa Daerah di Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat." Dari Bidang Matematika Sains daN Teknologi (MST) siswa perwakilan SMAN 1 Sumbawa Besar atas nama Muhammad Iqbal Taufiqurrahman dengan judul penelitian "UVS TECH (Ultraviolet Storage Technology)." Sedangkan dari Bidang MST-M atas nama Fadli Dwiansyah dan Aulia Azzahra dengan judul penelitian "CODED (Continous Desalination Device)"


Melalui penelitian yang dilakukan, dari Bidang ISH dan Bidang MST SMA Negeri 1 berhasil meraih Medali Emas, sedangkan dari Bidang MST-M berhasil meraih Medali Perak sehingga menjadi sekolah terbaik Tingkat Nasional dengan jumlah prestasi terbanyak yang didapatkan.


Atas prestasi tersebut, siswa-siswi SMAN 1 Sumbawa Besar mendapat bimbingan yang luar biasa dari Ibu Ainun Asmawati, S. Pd, M. Pd. selaku Pembina Ektrakurikuler KIR Garuda SMAN 1 Sumbawa Besar; Ibu Erna Dewi, S. Pd: Bapak Ahmad Salim, S.T.; Syarifah Fatimah Nissatul Jannah; Bapak Muhammad Ihsan S.S, M.Pd. selaku pembimbing KoPSI SMAN 1 Sumbawa Besar.

Adapun Narasumber penelitian yang dilakukan siswa-siswi SMAN 1 Sumbawa Besar yakni Yang Mulia Sultan Muhammad Kaharuddin IV (Sultan Sumbawa), Prof. Dr. Mahsun, M.S. (Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Bapak Aries Zulkarnaen (Budayawan Sumbawa), dan Bapak H. Hasanuddin (Sejarawan Sumbawa). Kepala SMAN 1 Sumbawa Besar, Bapak Aminu Irfanda Supanda, S. Pd. M.Pd, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak dan Ibu Guru Pembimbing serta Narasumber yang telah mengantarkan anak-anak belajar menjadi Peneliti yang Berprestasi yang mampu memperkuat Brand SMAN 1 Sumbawa Besar sebagai SMA Berbasis Riset Sains dan SosioBudaya Plus Olahraga dan Seni.

sumber : PPID
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com