Bang Zul dan Bunda Niken Dinobatkan sebagai Ayah dan Bunda Genre NTB

Bang Zul dan Bunda Niken Dinobatkan sebagai Ayah dan Bunda Genre NTB

Mataram - Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah bersama Ketua TP PKK Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dinobatkan sebagai Ayah dan Bunda Genre NTB oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi NTB.

Gubernur sangat mengapresiasi program Generasi Berencana (Genre) di Provinsi NTB dan berharap anak-anak muda NTB menjadi garda terdepan dalam mewujudkan NTB Gemilang. 

“Anak-anak muda menjadi aktor penting dalam membangun daerah,” kata Bang Zul, sapaan akrab Gubernur saat membuka acara pemilihan duta Genre di Hotel Kila Senggigi, Minggu, 9 Agustus 2020.

Dalam kesempatan itu, Bang Zul bertutur sejak kecil dirinya sering mengikuti lomba pidato keluarga sejahtera. Acara semacam itu sangat bagus untuk melatih dan meningkatkan keterampilan anak dalam berbicara di depan umum. Sehingga ia berharap aneka lomba yang melibatkan anak-anak muda perlu dibangkitkan kembali. 

“Sejak muda dulu, saya pernah juara lomba pidato keluarga sejahtera, lomba-lomba seprti itu perlu di bangkitkan kembali,” ungkap bang Zul.

Dengan begitu, anak-anak muda NTB sejak dini sudah paham tentang pentingnya kesejahteraan keluarga. Anak-anak muda NTB juga harus bisa menginspirasi di tengah revolusi industri 4.0 ini.

“Sejak dini, anak-anak muda NTB harus ditanamkan mental yang kuat, harus kreatif. Dengan begitu, kita optimis, generasi muda NTB menjadi contoh untuk anak-anak muda di daerah lainnya,” tutup Gubernur yang baru saja dinobatkan sebagai Ayah Genre ini. 

*Bunda Niken Jadi Juri Kehormatan* 

Tak hanya dinobatkan sebagai Bunda Genre NTB, Hj.Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah atau Bunda Niken juga diminta menjadi juri kehormatan pada acara tersebut. Satu persatu para peserta diberikan pertanyaan oleh perempuan yang dikenal rendah hati ini. Masing-masing peserta diberikan satu pertanyaan serta waktu sepuluh detik untuk menjawab pertanyaan. 

Berikut beberapa contoh tanya jawab Bunda Niken dengan sejumlah peserta;

“Bisakah anda jelaskan, mengapa pendidikan menjadi salah indeks pembangunan di Indonesia,” tanya Bunda Niken kepada peserta nomor urut 09. 

“Pendidikan sangat penting, karena pendidikan bisa menjadikan kita sebagai manusia yang semakin berkualitas,” jawab peserta nomor 09 tersebut.

“Silahkan peserta nomor urut 04 untuk maju kedepan,” ujar bunda Niken memanggil peserta lainnya. 

“Bagaimana anda dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas remaja,” tambah Bunda Niken memberikan pertanyaan kepada peserta berikutnya. 

“Saya berkontribusi melalui organisasi sekolah, dari organisasi tersebut saya sosialisasikan tentang bahaya napza, pernikahan dini dan lain-lain” jawab peserta asal Kabupaten Sumbawa tersebut. 

“Menurut anda bagaimana remaja Genre dapat berkontribusi untuk NTB Gemilang,” ujar Bunda Niken memberikan pertanyaan kepada peserta selanjutnya. 

“Remaja Genre harus menjadi salah satu bagian dalam pembangunan. Tak hanya itu, sebagai remaja, kita harus mampu berkontribusi untuk daerah,” jawab salah seorang peserta tersebut dengan lancar.

“Untuk peserta nomor urut 01, silahkan maju,” panggil bunda Niken. “Apa yang membuat anda yakin bisa terpilih menjadi duta genre Provinsi NTB tahun 2020,” ungkap Bunda Niken. 

“Saya optimis, tahun ini saya bisa terpilih menjadi Duta Genre, karena saya percaya diri, usaha yang keras akan menghasilkan sesuatu yang terbaik,” jawabnya.

*Putra Putri Duta Genre Provinsi NTB Telah Terpilih* 

Suasana tegang saat MC mengumumkan juara Duta Genre Provinsi NTB tahun 2020.  MC membacakan pengumuman bahwa perwakilan Kabupaten Sumbawa terpilih sebagai juara 1 Duta Genre Putra Provinsi NTB.

Namanya, M.Fadli Dwiyansyah, putra kelahiran Kabupaten Sumbawa terpilih sebagai pemenang juara 1 Duta Genre putra Provinsi NTB. Laki-laki yang punya hobi membaca ini merasa bangga bisa diberikan pertanyaan serta hadiah langsung oleh Bunda Genre Provinsi NTB. 

“Selain mendapat juara, yang paling berkesan adalah ketika diberikan pertanyaan dan hadiah langsung oleh Bunda Genre,” ujarnya.

Sementara itu,  Aminah Fira Sinta, terpilih sebagai juara 1 duta Genre Putri Provinsi NTB. Ia mengaku sangat berbahagia dan bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan dia amanah sebagai duta Genre Putri Provinsi NTB. “Alhamdulillah, saya bersyukur, rasa haru juga pasti ada, saya bisa terpilih sebagai duta genre putri Provinsi NTB,” ujar Fira dari Kota Mataram.

Di akhir acara, Bunda Genre Hj.Niken memberikan semangat kepada seluruh peserta Duta Genre 2020. Dari atas panggung, Bunda Niken mengatakan bahwa SDM adalah modal utama dalam pembangunan,” Jika kita lihat, negara-negara  yang besar adalah negara yang punya SDM yang baik dan berkualitas. Kita dorong, anak-anak muda NTB sejak dini memiliki SDM yang berkualitas,” harap bunda Niken 

Saat ini Indonesia menempati urutan yang ke 4 dari segi kepadatan penduduk. Tapi, itu semua tidak ada artinya jika tidak di dukung oleh SDM yang baik. 

“Semua peserta adalah pemenang, kita optimis, jika pemuda mengisi kegiatannya dengan hal positif, Insya Allah NTB Gemilang bisa kita wujudkan bersama,” tutupnya. (Humas NTB)

sumber : Humas NTB
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com