Siswa SMA Negeri 1 Sumbawa Mengikuti Program Belajar Bersama Maestro yang Diadakan oleh Kemendikbud

Siswa SMA Negeri 1 Sumbawa Mengikuti Program Belajar Bersama Maestro yang Diadakan oleh Kemendikbud
Fathul Wahid Ilmuddin (XII.IIS-2) mengharumkan nama SMA Negeri 1 Sumbawa Besar di kancah nasional dengan mengikuti program Belajar Bersama Maestro (BBM). Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Kesenian Kemdikbud ini bertujuan untuk memberi kesempatan para peserta didik terpilih dari seluruh Indonesia untuk menyerap pengalaman dan ilmu pengetahuan yang dimiliki Maestro.

Il, panggilan akrabnya merupakan satu dari tiga siswa NTB yang terpilih untuk berpartisipasi di kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa ia mendapatkan informasi mengenai BBM dari video kegiatan BBM tahun lalu di Youtube, tapi dirinya tidak tertarik. Hingga salah seorang temannya mengajaknya mengikuti kegiatan tersebut. Bersama tiga orang lainnya, dirinya mengerjakan esai yang menjadi persyaratan seleksi lima hari sebelum kegiatan dengan didampingi pembina Gita Bahana Smanika, Ibu Erna Dewi. Banyak kesulitan yang dialami siswa kelas dua belas ini dalam mengerjakan esai, seperti tertinggal dalam pengerjaan esai. Namun, Il dapat menyelesaikannya tepat waktu. Selain itu, ia sempat mengalami dilema dalam memilih BBM atau orkestra GBN, tetapi karena BBM diadakan terlebih dahulu, ia memutuskan untuk mengikuti BBM dan ia terpilih menjadi satu dari 300 peserta yang lolos seleksi BBM.

Acara BBM diselenggarakan selama dua minggu dan berlangsung pada 1-14 Juli 2019 dengan acara pembukaan di kantor Kemdikbud Jakarta pada hari pertama. Pada hari kedua, Il dan 14 orang lainnya diberangkatkan menuju Medan, Sumatera Utara, tempat tinggal Irwansyah Harahap, Maestro yang dipilih oleh Il sebagai mentornya dalam kegiatan ini. Menurutnya, alasan Il memilih Irwansyah Harahap karena beliau adalah orang yang pandai dalam alat musik petik dan dirinya ingin belajar lebih banyak. Selama kegiatan ini berlangsung, mereka tinggal di rumah Sang Maestro dengan kegiatan beragam. Lima belas orang terpilih ini berkesempatan untuk belajar alat musim Timur Tengah dan Batak. Di sana pula, mereka diajak berkeliling oleh Irwansyah Harahap untuk berkeliling di kota Medan dan mengadakan pentas kesenian di Danau Toba. Di hari terakhir kegiatan, mereka menampilkan video persembahan atas pembelajaran mereka kepada Maestro.

Il mengatakan bahwa ia sangat senang dapat berkumpul, berbagi cerita, dan tertawa bersama dengan para siswa terpilih se-Indonesia. Ia berpesan agar janganlah pernah melupakan seni, karena sejatinya seni merupakan jati diri bangsa Indonesia kapanpun itu, baik dahulu, sekarang, dan hingga nanti. Ketua GBS inisangat berharap ada siswa Smanika yang dapat terpilih di acara BBM selanjutnya. “Selalu giat belajar dan fokus di bidangnya masing-masing,” pesannya.


sumber : Tim Buletin dan Mading SMANIKA