SMAN 1 Sumbawa Besar Menggelar MPLS Daring di Masa Pandemi

SMAN 1 Sumbawa Besar Menggelar MPLS Daring di Masa Pandemi

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMAN 1 Sumbawa Besar Tahun Pelajaran 2020/2021, telah usai digelar. Perhelatan agenda tahunan bagi peserta didik baru ini sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Peserta didik baru tak lagi datang ke sekolah dan mengikuti serangkaian kegiatan MPLS sebagaimana biasanya. Semua instruksi dan pemberian materi dilakukan secara daring (dalam jaringan) alias online, dengan memanfaatkan media sosial Whatsapp dan Youtube.

Pelaksanaan MPLS daring ini sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Nusa Tenggara Barat  Nomor 420/3320.UM/Dikbud  tanggal 7 Juli 2020 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran di Satuan Pendidikan pada Tahun Pelajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19). Di dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa seluruh zona, baik Hijau, Merah, Orange, maupun Kuning tidak diperkenankan menyelenggarakan MPLS tatap muka. “MPLS tetap berjalan seperti sediakala, namun dengan cara yang berbeda karena kita harus tetap waspada dan selalu menerapkan protokol kesehatan.” Kata Bapak Aminu Irfanda Supanda, S.Pd., M.Pd., Kepala SMAN 1 Sumbawa Besar, yang ditemui di ruang kerjanya Rabu (22/7) lalu. “Namun saya berharap para siswa tetap semangat  meskipun kegiatan ini harus dilakukan secara daring.” imbuh Beliau.

MPLS daring SMAN 1 Sumbawa Besar digelar selama 3 hari sejak 20-22 Juli 2020. Dalam satu hari, kegiatan ini dibagi menjadi 5 sesi. Sesi pertama dimulai dengan pengisian daftar hadir secara online melalui form yang telah disediakan, setelah itu peserta didik baru mengikuti penyampaian materi yang dibagi menjadi tiga sesi. Sesi terakhir atau sesi kelima digunakan untuk mengisi kuisioner dan evaluasi. Menurut Bapak Sahabuddin, S.Ag., M.Pd. selaku ketua panitia, materi yang diberikan pada MPLS daring ini hampir sama dengan tahun lalu, namun ada penambahan materi yang berkaitan dengan Covid-19. Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan ini adalah Wawasan Wiyata Mandala oleh Bapak Aminu Irfanda Supanda, S.Pd., M.Pd., Kesadaran Berbangsa dan Bernegara oleh Bapak Sahabuddin, S.Ag., M.Pd., Kepramukaan oleh Bapak Syahril, S.Pd., serta Motivasi, Semangat, dan Cara Belajar Efektif oleh Ibu Ainun Asmawati, S.Pd., M.Pd. Selain itu, ada pula materi yang berkaitan dengan Pendidikan Karakter yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Wakang, S.Ag. , materi Kesehatan Remaja dan Penyalahgunaan Narkoba oleh Bapak Suherman, S.Pd., materi Pencegahan Penyebaran dan Pembiasaan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 oleh Bapak Jabaruddin, S.Pd. serta Pengenalan Kurikulum dan Ekstrakurikuler yang disampaikan langsung oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ibu Tati Rohayati, S.Pd.

Dalam pelaksanaan MPLS Daring ini, sekolah juga memfasilitasi siswa yang memiliki keterbatasan sarana dan prasarana daring, dalam hal ini ketersediaan smartphone (telepon pintar) sebagai media utama daring. Siswa yang tidak memiliki smartphone dapat mengikuti kegiatan MPLS Daring melalui laboratorium komputer yang ada di sekolah. “Kita fasilitasi, agar mereka mudah ikut kegiatan ini.” urai Bapak Sahabuddin, S.Ag., M.Pd. saat ditanya mengenai hal ini. (UH)..

sumber : Humas
Selamat Datang

Telah hadir Layanan Konsultasi melalui WhatsApp atau kirim email ke sman1sumbawabesar@gmail.com