SMANIKA Sabet 3 Penghargaan di Ajang NIPRO 2020 ITS Surabaya

SMANIKA Sabet 3 Penghargaan di Ajang NIPRO 2020 ITS Surabaya

National Innovation Project (NIPRO) 2020 meupakan sebuah kompetisi karya tulis ilmiah bagi siswa-siswi SMA sederajat yang diselenggarakan Oleh Mahasisawa Departemen Teknik Kimia Industri , Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya dan didukung oleh  PT. PLN (PERSERO). Acara NIPRO 2020 ini mengusung tema “Pengaplikasian Sustainable Development Goals 2030 Guna Menciptakan  Karya Bangsa Yang Berdaya Saing Di Era Industri 4.0”. SMA Negeri 1 Sumbawa Besar turut aktif pada kegiatan tersebut dengan mengirimkan 1 tim yaitu Muhammad Iqbal Taufiqur Rahman, Jane Chrisly  Yongasa, dan Dimas Purnayasa  Wibawa dengan judul penelitian “Penggunan React (Red Earthenware Actived Carbon Technology) Sebagai Adsorben Merkuri. Mereka meraih Medali Peunggu, Favorite Stan, Dan Best Poster.

Kegiatan NIPRO 2020 ini meliputi 3 tahapan seleksi, seleksi yang pertama yaitu seleksi abstrak yang berisi tentang gambaran umum mengenai penelitian yang dilakukan. Tahap seleksi abstrak ini dilakukan pada tanggal 4 November 2019 – 21 Januari 2020 yang diikuti oleh 412 tim dari seluruh Indonesia. Kemudian, Iqbal, Jane, dan Dimas mengikuti tahap kedua yaitu seleksi Full Paper pada tanggal 21 Januari – 21 Februari 2020 yang diikuti oleh 100 tim yang lolos dari seleksi abstrak. Selanjutnya, Mereka mengikuti tahap terakhir yaitu tahap  Grand Final yang dilaksanakan pada tanggal 28 Februari – 1 Maret 2020 di Institut Teknologi Spuluh Nopember, Surabaya yang diikuti oleh 25 tim yang tersisa dari seleksi abstrak dan Full Paper. Pada tahap mereka diharuskan mempresentasikan hasil penelitian mereka kepada dewan juri dan pengunjung pameran. Pengumuman juara dilakukan pada tanggal 1 Maret 2020  tepatnya pada saat acara penutupan seminar NIPRO 2020.

Setelah penghargaan yang diraih oleh Iqbal, Jane, dan pada ajang NIPRO 2020 diharapkan mereka akan mampu terus menciptakan karya inovatif demi bersaing di era revolusi industri 4.0 ini. Selamat atas penghargaan yang diraih oleh Iqbal, Jane, dan Iqbal.

sumber : Aas