SMAN 1 Sumbawa Besar Gelar Kegiatan Smartfest 2020

SMAN 1 Sumbawa Besar Gelar Kegiatan Smartfest 2020

Acara Smartfest (Smanika Art Festival) yang diselenggarakan di SMAN 1 Sumbawa Besar berlangsung meriah, Sabtu (22/2/2020) pagi. Seluruh siswa SMAN 1 Sumbawa Besar dan para tamu undangan mengikuti rangkaian acara Smartfest yang bertajuk "Melalui Seni, Siswa dapat Mengembangkan Potensi.Diri dan Membangun Kebersamaan".

Kegiatan Smartfest ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMA sederajat, SMP sederajat dan siswa-siswi perwakilan sekolah di Kabupaten Sumbawa. Selain itu, seluruh siswa-siswi SMAN 1 Sumbawa Besar ikut memeriahkan acara ini.

Acara Smartfest ini diawali dengan acara pembukaan yang diisi dengan sambutan Kepala Sekolah SMAN 1 Sumbawa Besar, Bapak Aminu Irfanda Supanda S. Pd.M. Pd yang dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada para tamu undangan yang berkesempatan hadir dan kepada seluruh anggota osis SMAN 1 Sumbawa Besar sebagai panitia penyelenggara kegiatan.

Tujuan kegiatan Smarfest ini adalah untuk memamerkan aneka produk zero waste siswa, ajang bazar, dan sebagai sarana seleksi kegiatan untuk menjaring bibit bibit handal menuju ajang FLS2N 2020. Tujuan tersebut dapat tercapai berkat  peran serta para sponsorhip yang telah memberikan dukungan secara material. Adapun sponsor kegiatan ini yaitu PLN Sumbawa, Toko Boy Jaya, Apotek Keluarga, Kesbangpol, DPRD Kabupaten Sumbawa, Rasesa, dan Nanang Hidayat.

Kegiatan tahunan SMAN 1 Sumbawa Besar ini dihadiri pula oleh Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, Bapak Fahrizal S. Pd M. Pd. Dalam sambutannya mengatakan bahwa kognitif dan seni adalah hal yang sama pentingnya dalam menunjang perkembangan kemampuan. Kognitif tanpa seni hanya hal yang biasa-biasa saja. Jadikan seni sebagai penghibur saat jenuh belajar maupun kegiatan lainnya. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan antara kognitif dan seni sangat penting dilakukan.

Adapun cabang mata lomba pada kegiatan Smartfest yaitu vokal solo (putra/ putri), gitar solo, monolog, tari kreasi, seni kriya, seni lukis, dan poster digital. Peserta yang mengikuti perlombaan ini yaitu para siswa-siswi kelas X dan XI SMAN 1 Sumbawa Besar yang ingin mengembangkan kemampuannya.

Dengan adanya kegiatan Smartfest ini membawa banyak dampak positif terutama bagi generasi muda di Kabupaten Sumbawa. Melalui acara ini, para siswa dapat menyalurkan bakat mereka dalam bidang seni sehingga pelestarian budaya daerah dapat terlaksana (Aas*)

sumber : Aas